Laga internasional syarat Timnas Basket Indonesia main di piala dunia

id Timnas basket,Timnas, ibl

Laga internasional syarat Timnas Basket Indonesia main di piala dunia

Pelatih Indonesia Patriots Youbel Sondakh memberikan instruksi kepada pemainnya saat melawan Timnas basket Uni Emirat Arab dalam laga Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) 2023 di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu (5/8/2023). Indonesia Patriots kalah dari Uni Emirat Arab dengan skor akhir 74-86. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.

Jakarta (ANTARA) - Laga internasional bagi para pemain muda Indonesia disebut menjadi syarat mutlak agar Timnas Bola Basket Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia FIBA yang akan diselenggarakan di Indonesia 25 Agustus 2023.

Kepala Pelatih Timnas Bola Basket Indonesia Patriots Youbel Sondakh menyebut diperlukan waktu setidaknya 10 tahun lagi untuk mengembangkan pebasket junior Indonesia agar bisa menyamai level para pemain di Piala Dunia FIBA.

"Harus dimulainya dari SMA ya, bermain di luar negeri," kata Youbel usai laga Indonesia Patriots melawan Uni Emirat Arab di Indonesia Arena Jakarta, Sabtu.

Dia menerangkan, bahwa untuk meningkatkan level permainan pebasket Indonesia harus dilakukan di luar negeri, yang mana persaingannya lebih tinggi dibandingkan yang ada di Indonesia saat ini.

Youbel sempat menyebut beberapa pemain timnas yang memiliki orang tua asli Indonesia, namun bermain di kompetisi mahasiswa di Amerika Serikat seperti Derrick Michael ataupun Zane Adnan bisa mengangkat level permainan timnas.