Kantor Imigrasi Muara Enim luncurkan Program SMART di OKU Selatan

id Paspor keliling, program SMART, paspor biometrik, Kantor Imigrasi Muara Enim, Pemkab OKU Selatan

Kantor Imigrasi Muara Enim luncurkan Program SMART di OKU Selatan

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo. (ANTARA/HO/23)

Muaradua (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan meluncurkan program Layanan Inovasi 3 In 1 SMART (Imigrasi Melayani Masyarakat)  guna mempermudah pembuatan paspor di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, Misnan di Muaradua, Rabu menjelaskan, Layanan 3 in 1 SI MAMAT yang kini berubah menjadi program SMART merupakan inovasi layanan andalan Kantor Imigrasi Muara Enim yang bekerja sama dengan pemerintah daerah serta PT Pos Indonesia.

Inovasi layanan ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan maksimal dalam pembuatan paspor di tempat yang disediakan oleh pemerintah daerah dalam waktu tertentu.

Adapun pelaksanaan inovasi SMART pada Program Imigrasi Melayani Masyarakat yaitu layanan Paspor Keliling Jemput Bola (PALING JEMPOL) di Kabupaten OKU Selatan.

Layanan ini diluncurkan untuk mempermudah masyarakat di OKU Selatan dalam mengurus paspor secara kolektif.

Selain itu juga bertujuan mempermudah pelayanan keimigrasian di Kabupaten OKU Selatan agar lebih representif dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan serta pembuatan Paspor Biometrik.

"Melalui program ini masyarakat OKU Selatan tidak perlu lagi mengurus paspor di Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Kantor Imigrasi seperti di Kabupaten Muara Enim, Baturaja, Musi Rawas, dan Lubuk Linggau yang jaraknya cukup jauh," ujarnya.

Sementara, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo menyampaikan terimakasih kepada Kantor Imigrasi Muara Enim yang telah memberikan kemudahan bagi masyarakatnya dalam pembuatan paspor.

“Inovasi ini sangat membantu masyarakat OKU Selatan dalam membuat paspor karena tidak perlu jauh lagi dalam mengurus dokumen tersebut. Apalagi dengan sistem jemput bola," ujar dia.