Kominfo Musi Banyuasin terapkan program "Smart District" kecamatan

id smart city,kominfo muba, program kominfo muba,Reformasi birokrasi,Internet, internet desa, koneksi internet, wibsite desa

Kominfo Musi Banyuasin terapkan program "Smart District" kecamatan

Ilustrasi. (Istimewa)

Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada awal April 2019 secara bertahap menerapkan program "Smart District" atau Kecamatan Cerdas.

"Sebagai langkah awal program ini diterapkan di Kecamatan Sekayu, Ibukota Kabupaten Musi Banyuasin sebagai percontohan program Smart District," kata Plt Kepala Dinkominfo Musi Banyuasin, Dicky Meiriando di Sekayu, Rabu.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam mewujudkan "Muba Smart Regency" terus dibuktikan.

Setelah dinyatakan sebagai salah satu dari 100 kabupaten/kota "Smart City" di Indonesia, pihaknya menyusun langkah-langkah strategis salah satunya mengimplementasikan program Kecamatan Cerdas.

Untuk mendukung program tersebut, pihaknya memasang jaringan koneksi internet di kantor kecamatan dan semua kantor kelurahan di Sekayu, ujar Dicky.

Sementara sebelumnya Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan pihaknya akan mendukung Dinas Kominfo secara maksimal mewujudkan "Smart City".

Program Kecamatan Cerdas sebagai langkah awal menuju "Smart City" yang telah melalui uji kecepatan "speed test" jaringan akses internet di Kantor Kecamatan Sekayu pada 2 April 2019.

Selain itu, Dinas Kominfo juga telah memfasilitasi pembuatan website untuk Kecamatan Sekayu, Kelurahan Serasan Jaya, Kelurahan Soak Baru, Kelurahan Balai Agung dan Kelurahan Kayuara.

Website tersebut telah terkoneksi satu sama lainnya dan terintegrasi dalam website Pemkab Musi Banyuasin

"Dengan telah tersedianya jaringan koneksi internet dan website, tinggal melengkapinya dengan aplikasi-aplikasi digital untuk mendukung layanan administrasi pemerintahan dan layanan publik. Nanti, kami akan mengintegrasikan sistem elektronik dengan Kecamatan dan Kelurahan di Sekayu," ujar Dodi.

Camat Sekayu, Marko Susanto mengatakan berterima kasih kepada Bupati Dodi Reza yang telah menjadikan Kecamatan Sekayu sebagai pilot proyek program "Smart District" yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi di Kecamatan Sekayu menuju Government 4.0.

"Keberadaan internet dan website ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi aparatur kecamatan dan kelurahan di wilayah Sekayu," ujar camat.