Pemberdayaan Dusun Sembilang, Kilang Pertamina Plaju raih Nusantara CSR Awards 2023

id dusun sembilang,pertamina plaju,csr, sumsel

Pemberdayaan Dusun Sembilang, Kilang Pertamina Plaju raih Nusantara CSR Awards 2023

Upaya PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) dalam pemberdayaan masyarakat dan konservasi alam semakin diperkuat. Salah satu program CSR/TJSL Kilang Pertamina Plaju yang dirancang untuk mengintegrasikan pemberdayaan dan konservasi adalah Bahari Sembilang Mandiri. (ANTARA/HO/Pertamina

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Upaya PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) dalam pemberdayaan masyarakat dan konservasi alam semakin diperkuat. Salah satu program CSR/TJSL Kilang Pertamina Plaju yang dirancang untuk mengintegrasikan pemberdayaan dan konservasi adalah Bahari Sembilang Mandiri.

Program yang diinsiasi sejak 2021 di Dusun Sembilang, Desa Sungang IV, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Dengan program ini, akhirnya Kilang Pertamina Plaju berhasil meraih Penghargaan Nusantara CSR Awards yang dihelat oleh La Tofi School of Social Responsibility di Jakarta pada Rabu (7/6). Penghargaan ini memberikan apresiasi pada perusahaan-perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Kilang Pertamina Plaju meraih penghargaan untuk kategori Tanpa Kemiskinan, atas upaya pemberdayaan dalam program Bahari Sembilang Mandiri: Membuka asa masyarakat daerah 3T Dusun Sembilang melalui pendidikan non formal, hingga budidayakan konservasi mangrove.

"Pemberian penghargaan Nusantara CSR Awards kali ini untuk menciptakan pemahaman bersama bagaimana perusahaan dapat secara aktif berpartisipasi mensukseskan SDGs yang sudah dipetakan oleh pemerintah," kata La Tofi pada malam penganugerahan pada Rabu (05/07/2023) di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Nusantara CSR Awards 2023 hadir dengan tema Incorporating SDGs memperoleh sambutan luas di kalangan dunia usaha, memperlihatkan cerita-cerita perubahan dalam berbagai segi kehidupan masyarakat, dari pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, hingga energi berkelanjutan.

Setidaknya, penghargaan ini diikuti oleh 78 perusahaan dengan total 151 program CSR yang didaftarkan, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Swasta (BUMS).

Komitmen Terhadap Pembangunan Berkelanjutan

Dengan Visi Perusahaan “Sebagai Kilang Minyak dan Petrokimia yang Kompetitif di Asia Pasifik Tahun 2023”, Pertamina Plaju secara strategis berkomitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola.


Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari, menyebut bahwa pihaknya akan terus berkomitmen penuh dalam membuka asa masyarakat di Dusun Sembilang.

Rachmi mengatakan, melalui sinergi dengan berbagai stakeholder dalam program Bahari Sembilang Mandiri, diharapkan dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat di Dusun Sembilang, dan terus kontribusi positif sebagai tanggung jawab sebuah perusahaan.

"Kita memiliki mimpi dan tujuan yang sama dalam membuka asa Sembilang untuk kehidupan yang lebih baik, dan tentu berharap hadirnya program Bahari Sembilang Mandiri ini dapat memberi manfaat yang lebih luas dan dijalankan secara berkesinambungan bersama-sama dengan para stakeholder terkait," katanya.

Kepala Balai TNBS Eduward Hutapea menjelaskan di wilayah Desa Sembilang yang bersisian dengan kawasan Taman Nasional Berbak Sembilang memiliki potensi yang besar.

Misalnya saja, tanaman mangrove dan burung migran yang dapat dimaksimalkan menjadi ekowisata yang dapat mendongkrak sektor pariwisata Sumsel.

“Diharapkan program tidak selesai di 2024 tapi bisa jangka panjang dan berkelanjutan,” jelas Eduward yang merasakan manfaat nyata dari kolaborasi ini.