Hongjoin, musisi muda Asia inspiratif buat musik dengan konsep 'DIY'

id hongjoin,fool,ep,album

Hongjoin, musisi muda Asia inspiratif buat musik dengan konsep 'DIY'

Hongjoin (ANTARA/HO/Hongjoin)

Jakarta (ANTARA) - Musisi muda berbakat asal Singapura yang berbasis di Boston, Amerika Serikat (AS), Hongjoin, membuat seluruh proses produksi musiknya dengan 'DIY', singkatan dari "do-it-yourself" yang berarti penggarapan oleh diri sendiri, biasanya di dalam rumah atau tempat tinggal.

Pemusik berusia 21 tahun yang baru saja meluncurkan album mini keduanya "F(OOL)" itu bereksperimen menulis lirik lagu, merekam, hingga memproduksi musik secara otodidak dengan menyaksikan tutorial secara daring, salah satunya melalui aplikasi YouTube. "Jadi sebenarnya semua laguku yang kamu dengar di platform streaming musik, mereka dibuat di laptop yang aku gunakan untuk meneleponmu saat ini," ujar Hongjoin sembari tertawa pada wawancara khusus dengan ANTARA, Rabu (21/6).

Hebatnya, musisi yang belum lama dinobatkan sebagai SPOTIFY RADAR Singapore Artist tahun 2023 itu bukan berasal dari keluarga pemusik seperti beberapa musisi muda yang beredar. Kecintaan Hongjoin terhadap musik dimulai dari pengalaman hidup dan perasaan yang mulai ia tuangkan dalam bait demi bait lirik yang ia tuliskan.

Ia mengatakan, menulis lagu adalah caranya untuk menuangkan segala emosi yang penuh sesak di hati dan pikirannya.

"Pada akhirnya membuat musik adalah caraku memecahkan masalah di kepalaku, ini tentang bagaimana aku menerjemahkannya ke dalam lagu," kata dia.

Dengan bakatnya yang tersimpan, Hongjoin bahkan dapat menulis lagu hits-nya "Leave in the Summer Time" hanya dalam waktu 10 menit.

"Ya, aku sedang sangat sedih saat itu," seloroh Hongjoin.

Hongjoin (ANTARA/HO/Hongjoin)