Disbudpar Sumsel menggelar Pekan Kebudayaan Daerah 2023

id Disbudpar Sumsel, pekan kebudayyan daerah, pkd, kebudayaan, lestarikan budaya, disbudpar, pariwisata

Disbudpar Sumsel menggelar Pekan Kebudayaan Daerah 2023

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan menggelar Pekan Kebudayaan Daerah di mal kawasan Jakabaring Palembang pada 7-10 Juni 2023.

Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal pada pembukaan PKD 2023 di Palembang, Rabu, menyebutkan ajang tersebut pada tahun ini mengusung tema "Belajar dari Alam".

Dia menjelaskan kegiatan tersebut salah satu upaya pemerintah daerah menjaga adat istiadat masyarakat Kota Palembang serta 16 kabupaten dan kota lainnya di Sumatera Selatan.

Selain itu, kata dia, untuk melindungi dan melestarikan kebudayaan serta adat istiadat yang merupakan warisan leluhur di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

Kegiatan itu, kata dia, juga untuk mengenalkan adat dan kebudayaan Sumsel kepada masyarakat serta mengangkat budaya suatu daerah, permainan tradisionalnya, serta cerita rakyat setempat.

Dia mengharapkan kegiatan tersebut dapat menjunjung nilai-nilai pelestarian kesenian dan budaya daerah sehingga tercipta rasa kagum, peduli, dan membudayakan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya daerah.

Dia menyatakan akan mengupayakan kegiatan itu diagendakan secara rutin setiap tahun sehingga dapat memotivasi generasi muda untuk berpartisipasi dalam pelestarian kebudayaan daerah.

"Generasi muda harus diingatkan dengan jati dirinya sebagai masyarakat Melayu yang memiliki kekayaan kesenian, budaya dan adat istiadat dalam bermasyarakat," ujar dia.