Palembang gelar bursa kerja, sediakan 1.500 lowongan pada HUT APEKSI

id sumsel,palembang,job fair,hut apeksi,disnaker palembang,bursa kerja palembang

Palembang gelar bursa kerja, sediakan 1.500 lowongan pada HUT APEKSI

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang Rediyan Deddy Umrien, di Palembang, Sumsel, Senin (5/6/2023). ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar bursa kerja atau job fair dengan menyediakan 1.500 lowongan kerja dari 40 perusahaan yang dimulai dari 7-8 Juni 2023, sekaligus memperingati HUT ke-23 APEKSI.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang Rediyan Deddy Umrien, di Palembang, Senin, mengatakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara hybrid, di PTC Mall Palembang secara luring dan juga secara daring melalui website www.jobfair.kemenaker.go.id.

Pada kegiatan tersebut akan diikuti oleh lebih dari 40 perusahaan yang bergerak di bidang ritel, perbankan, jasa, perhotelan, telekomunikasi, real estate, dan juga media cetak.

Ia menjelaskan dalam kegiatan tersebut para penyandang disabilitas juga bisa mendaftar dan mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat pekerjaan, seperti diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, Peraturan Presiden (PP) No. 60 Tahun 2020 tentang Unit Layanan Disabilitas Ketenagakerjaan, dan juga Permenaker No. 39 Tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja.

”Dalam suatu perusahaan swasta harus memiliki karyawan sebesar satu persen untuk penyandang disabilitas dari jumlah karyawan yang ada, sedangkan untuk perusahaan BUMN sebesar dua persen,” katanya pula.

Pada hari pertama dalam kegiatan tersebut, katanya pula, akan diadakan talkshow dengan tema "Membangun Masa Depan Tenaga Kerja Inklusif Melalui Peluang Kerja dan Pengembangan Usaha" dengan narasumber Kementerian Ketenagakerjaan yang diwakili Kepala Pusat Pasar Kerja, perusahaan internasional milik Pemerintah Federal Jerman Deutsche Gesselschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Lalu, perusahaan yang mempekerjakan para disabilitas, yaitu PT Sumber Alfaria Trijaya, dan juga pekerja disabilitas Wayan Danam selaku Senior IT Specialist PT Dexa Medica.

Kemudian, pada hari kedua akan dimeriahkan oleh para influenser ternama di Kota Palembang yang diharapkan nantinya dapat memeriahkan dan menyukseskan acara tersebut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Pusat (BPS) angka tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kota Palembang sebanyak 84.193 orang pada tahun 2021 dan menurun lagi menjadi 69.930 orang pada tahun 2022.

”Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat mengurangi angka TPT di Kota Palembang pada tahun 2023 ,” kata Deddy.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Palembang gelar bursa kerja, sediakan 1.500 lowongan pada HUT APEKSI