Lima cara AI merevolusi bisnis layanan konsumen

id Artificial intelligent, AI, kecerdasan buatan,Mekari

Lima cara AI merevolusi bisnis layanan konsumen

Ilustrasi. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) -
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence AI akan membuatnya semakin mudah diakses dan digunakan oleh bisnis untuk memperlancar ragam kegiatan, termasuk layanan konsumen.
 
Berbagai bisnis sudah mulai memanfaatkan AI untuk meningkatkan kualitas layanan livechat yang lazim digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
Arvy Egadipoera, Chief Customer Officer CCO Mekari, perusahaan teknologi yang menyediakan solusi digital bagi bisnis mengatakan bahwa integrasi teknologi AI ke software livechat akan meningkatkan kecepatan dan kualitas respons yang diterima oleh para pelanggan.

"Kesigapan bisnis dalam merespons pertanyaan maupun keluhan yang dilayangkan lewat livechat sangat berdampak pada kepuasan pelanggan. Pelanggan yang pertanyaannya segera dijawab atau masalahnya cepat ditangani akan merasa dipedulikan, sehingga mereka akan semakin loyal. Ini akan berimbas positif pada penjualan di jangka panjang," kata Arvy dalam siaran pers pada Jumat.

Ia menambahkan bahwa bisnis tidak perlu susah mengganti sistem livechat maupun CRM untuk menikmati manfaat AI karena bisnis cukup mengintegrasikan software AI ke solusi yang sudah ada. Contohnya, Mekari Qontak kini mendapatkan dukungan dari fitur AI terkini, yaitu Mekari Airene.

Ia pun menyebutkan lima peningkatan pelayanan yang bisnis, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar, dan pelanggan dapat rasakan berkat integrasi AI


1. Analisa sentimen
Salah satu kekuatan terbesar dari AI adalah kemampuannya untuk menganalisa sentimen, baik positif atau negatif, dari sebuah percakapan. Kemampuan tersebut memungkinkan AI untuk menangkap emosi yang tersirat oleh kalimat yang pelanggan tuliskan di livechat.

Lalu, AI akan menginformasikan agen livechat mengenai sentimen masing-masing pelanggan sehingga agen dapat memutuskan kasus mana yang harus segera dieskalasi.