Penyelam beraksi tradisi

id tumbilotohe,tradisi ramadhan,malam pasang lampu,underwater,hiu paus

Penyelam beraksi tradisi

Para penyelam merayakan tradisi Gorontalo malam pasang lampu atau tumbilotohe, dengan menyalakan lampu di bawah laut perairan wisata hiu paus Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango, Selasa. (ANTARA/HO-WGC)

Gorontalo (ANTARA) - Puluhan penyelam yang tergabung dalam Wawahe’a Gorontalo Community (WGC) dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango merayakan tradisi malam pasang lampu atau tumbilotohe di bawah laut, Selasa malam.

Para penyelam tersebut menyalakan lampu dan membentangkan spanduk tumbilotohe pada kedalaman laut sekitar 10-15 meter, di perairan wisata hiu paus Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone.

“Ini tumbilotohe underwater yang ketiga kalinya kami laksanakan, tapi kali ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Bone Bolango. Melalui kegiatan ini, kami ingin menjaga tradisi tumbilotohe di Gorontalo dalam bentuk yang berbeda, yaitu dalam laut,” kata juru bicara WGC, Dian Novian.

Selain itu, komunitas penyelam ini ingin terus menggaungkan destinasi wisata hiu paus Gorontalo di tingkat dunia, sehingga menarik minat wisatawan manca negara.

“Tadi kami juga sempat melakukan bersih-bersih laut, dengan mengangkat sampah plastik yang ada di dalam laut ke darat. Kami berharap obyek wisata ini tak hanya indah tapi juga lingkungannya sehat, sehingga kelestarian hiu paus terjaga,” ujarnya.