Pertamina bentuk satgas RAFI di OKU Raya Sumsel

id Satgas RAFI, stok BBM, pasokan BBM, SPBU, OKU Raya, PertaminaPatra Niaga Regional Sumbagsel

Pertamina bentuk satgas RAFI di OKU Raya Sumsel

Patra Niaga Regional Sumbagsel menjamin stok BBM untuk OKU Raya aman selama arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriyah, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Raya, Sumatera Selatan dalam rangka memastikan ketersediaan BBM aman selama arus mudik Lebaran tahun ini.

"OKU Raya ini meliputi tiga kabupaten yaitu OKU, OKU Timur dan OKU Selatan," kata Senior Supervisor Communication dan Relation Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Haris Yanuanza di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, pembentukan Satgas RAFI Bahan Bakar Minyak (BBM) ini dilakukan mengingat kebutuhan masyarakat akan BBM dan LPG cenderung meningkat selama bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri nanti.

Tim satgas yang dibentuk bertugas mengawasi penyaluran Liquefied Petroleum Gas (LPG) dan BBM di wilayah OKU Raya untuk memastikan tersalurkan tepat sasaran.

Satgas RAFI juga bertugas memastikan pelayanan di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) maksimal dalam mengkoordinir, memantau kelancaran penyaluran BBM dan LPG agar tidak terjadi kelangkaan di pasaran.

Sejauh ini, kata dia, Pertamina mencatat konsumsi BBM Subsidi di wilayah OKU Raya untuk jenis Gasoline rata-rata konsumsi harian sebesar 469 kiloliter (KL) per hari.

Sedangkan, untuk rata-rata konsumsi harian BBM jenis Gasoil sekitar 284 KL per hari.

Menurut dia, jumlah tersebut dinilai mencukupi kebutuhan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran, bahkan hingga arus balik nanti.

Meskipun demikian, lanjut dia, Pertamina Patra Niaga Regional II Sumbagsel terus mengoptimalkan pengiriman BBM ke seluruh SPBU di tiga kabupaten tersebut dalam rangka menjaga persediaan agar tetap aman hingga setelah hari raya Idul Fitri 2023.

Bahkan, pihaknya menyiagakan sarana dan fasilitas utama yang meliputi 10 terminal BBM, dua terminal LPG, 675 SPBU, 62 SPBE, 482 Agen LPG, dan enam DPPU.

Selain infrastruktur dan sarfas utama, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama berupa 87 SPBU Siaga, 309 agen siaga dan 5540 outlet pangkalan LPG Siaga, lima unit kios Pertamina Siaga, serta 15 unit Motorist.

Serta untuk menambah stok BBM di SPBU, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga telah menyiapkan SPBU kantong dalam wujud mobil tangki yang disiagakan di sejumlah SPBU di wilayah Sumsel.

"Terdapat 16 SPBU kantong dengan kapasitas mobil tanki penuh disiagakan di titik-titik SPBU yang merupakan jalur mudik maupun area wisata yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan BBM," ujarnya.