PT Bumi Mekar Hijau bantu usaha "terabuk" di desa binaannya

id terabuk, desa binaan,usaha, produksi,karang taruna, desa

PT Bumi Mekar Hijau bantu usaha "terabuk" di desa binaannya

Melalui program community development, salah satu perusahaan Mitra Pemasok Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Bumi Mekar Hijau (PT BMH) membantu pengembangan usaha terasi bubuk kering (terabuk) besutan Karang Taruna Tunas Karya Bahari di Desa Kuala Sungai Pasir, Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir. (ANTARA/HO/Kom Sinar Mas)

OKI, Sumsel (ANTARA) - Melalui program community development, salah satu perusahaan Mitra Pemasok Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Bumi Mekar Hijau (PT BMH) membantu pengembangan usaha terasi bubuk kering (terabuk) besutan Karang Taruna Tunas Karya Bahari di Desa Kuala Sungai  Pasir, Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Social & Community Development Head PT BMH, Amir Hamzah menjelaskan, pada tahun 2022 usaha  terabuk yang dikelola oleh pemuda Desa Kuala Sungai Pasir mendapatkan pembinaan secara berkelanjutan dari  PT BMH.

“Untuk mendukung kelancaran usaha terabuk ini, kami  memberikan bantuan berupa  modal  kerja  untuk membeli peralatan dan bahan baku terasi,” ujar Amir.
 
“Tidak hanya itu, untuk meningkatkan kualitas produksi terabuk, direncanakan pada pertengahan tahun 2023  bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Selatan, kami akan memberikan pelatihan  bagaimana cara memproduksi Terubuk berkualitas tinggi,” tambah Amir.

Pendampingan usaha dan pemberian bantuan seperti ini, Amir melanjutkan, merupakan bagian kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar  dengan ikut serta meningkatkan sosial ekonomi  masyarakat serta menjalin hubungan yang baik dan harmonis antara masyarakat sekitar  dengan perusahaan.

Ketua Karang Taruna Tunas Karya Bahari, Maman menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh PT BMH sehingga dalam proses produksi  pembuatan terabuk ini dapat lebih cepat  dan terpenuhi  bahan baku terasi yang cukup sehingga Karang Taruna dapat memenuhi  kebutuhan terubuk kepada pelanggan-pelanggannya.

Setelah mendapatkan bantuan peralatan dan modal kerja dari PT BMH, produksi terabuk milik karang taruna desa tersebut naik dua kali lipat, sebelumnya sekitar 16 kg per bulan dan saat ini mencapai 32 kg per bulannya.

Untuk memperluas pangsa pasar, terabuk dipasarkan secara online dan offline, serta telah memiliki tim reseler di Bandar Lampung, Bekasi, Surabaya dan Jawa Tengah.

“Kami berharap program-program seperti ini dapat terus berlanjut, karena sangat kami butuhkan untuk mendukung kelancaran usaha yang dikelola oleh pemuda di desa ini,” ujar Maman.

Pada kesempatan yang sama sekretaris Desa Kuala Sungai Pasir, Alkausar Hidayatullah menyampaikan apresiasi kepada perusahaan, dengan mengatakan, desa akan mendukung program-program perusahaan  seperti ini yang telah membawa kebaikan kepada desa.