Pemkot Palembang kukuhkan 250 duta GenRe

id sumsel ,palembang,duta genre,pik,stuting

Pemkot Palembang kukuhkan 250  duta GenRe

Pengukuhan duta GenRe tingkat kelurahan dan kecamatan se-Kota Palembang, Rabu (8/3/2023). ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengukuhkan sebanyak 250 duta GenRe untuk tingkat kecamatan dan kelurahan kota ini.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Rabu, mengatakan untuk rincian duta GenRe tingkat kecamatan sebanyak 36 remaja, dan tingkat kelurahan itu sebanyak 214 orang.

”Sebagai duta GenRe mereka akan menjadi perpanjangan dan corong pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih memahami akibat bahayanya pergaulan bebas,” kata Fitrianti juga sekaligus kakak Genre.

Duta Genre juga memberikan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara menikah dengan penuh perencanaan sesuai kesehatan reproduksi.

”Dengan adanya Duta GenRe di lingkungan remaja nantinya akan lebih efektif dalam menjalin komunikasi yang dilakukan dengan pendekatan dari remaja secara umum, Ikon Duta Genre dirasa memberi nilai lebih dalam sosialisasi dan promosi program GenRe di Kota Palembang,” katanya.

Fitrianti mengatakan dalam rangka meningkatkan pemenuhan promosi program GenRe khususnya pengembangan pusat informasi dan konseling (PIK) remaja maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja.

“Duta Genre yang baru dikukuhkan dan bertugas di kecamatan setempat agar bisa menjalankan program GenRe di kalangan remaja agar nantinya mereka memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual,” kata dia.

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN RI Novian Andusti mengatakan pengukuhan duta GenRe yang dilakukan di Kota Palembang ini merupakan yang terbanyak dari seluruh Indonesia.

”Pada pengukuhan di Kota Palembang ini berjumlah 250 orang dan terbanyak di Indonesia, biasanya di daerah lain itu hanya 50 orang,” ucapnya.