BKKBN menargetkan 83.000 duta GenRe dari seluruh Indonesia

id sumsel,palembang,duta genre,program kb,stunting,BKKBN targetkan 83.000 duta GenRe,83.000 duta GenRe dari seluruh Indones

BKKBN menargetkan 83.000 duta GenRe dari seluruh Indonesia

Pengukuhan duta GenRe tingkat kelurahan dan kecamatan se-Kota Palembang, Rabu (8/3/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Palembang)

Palembang (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menargetkan sebanyak 83.000 pasang remaja duta generasi berencana (GenRe) dari seluruh Indonesia

”Kami menargetkan 83.000 pasang remaja yang menjadi duta GenRe dari seluruh daerah di Indonesia dan pada akhir April 2023 sudah harus terbentuk,” kata Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN RI Novian Andusti pada pengukuhan duta GenRe tingkat kelurahan dan kecamatan se-Kota Palembang, Rabu.

Untuk Provinsi Sumatra Selatan duta GenRe yang sudah dikukuhkan sebanyak 1.146 pasang remaja atau total dari seluruh provinsi di Indonesi sudah 35 persen, katanya menjelaskan.

Ia mengungkapkan, pengukuhan duta GenRe yang dilakukan di Kota Palembang ini merupakan yang terbanyak dari seluruh Indonesia.

”Pada pengukuhan di Kota Palembang ini berjumlah 250 orang dan terbanyak di Indonesia, biasanya di daerah lain itu hanya 50 orang,” ucapnya.

Menurut dia, duta GenRe itu berperan penting dalam penyuluhan program keluarga berencana (KB) di tingkat remaja.

”Peran duta GenRe itu juga sebagai figur yang dapat memberikan wawasan generasi muda lainnya tentang cara hidup sehat, berperilaku tidak menyimpang, menghindari narkoba, sehingga tercipta generasi remaja yang bebas narkoba dan HIV/AIDS,” ucapnya

Melalui duta Genre, ia berharap pernikahan dini tidak ada lagi, karena itu merupakan salah penyebab dari kasus anak stunting.

Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), dimana prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen pada tahun 2021 menjadi 21,6 persen pada 2022.