Peretasan kripto 2022 curi 3,8 miliar dolar dipimpin kelompok Korut

id uang kripto,peretas kripto,pencurian kripto,peretas Korut,berita palembang, antara palembang

Peretasan kripto 2022 curi 3,8 miliar dolar dipimpin kelompok Korut

Foto Dokumen: Representasi bitcoin terlihat di depan grafik saham dalam ilustrasi ini diambil 19 Mei 2021. ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic

Seoul (ANTARA) - Tahun lalu adalah rekor terburuk untuk pencurian mata uang kripto, dengan peretas mencuri sebanyak 3,8 miliar dolar AS, dipimpin oleh penyerang yang terkait dengan Korea Utara yang menjaring lebih banyak dari sebelumnya, sebuah perusahaan analitik blockchain yang berbasis di AS mengatakan dalam sebuah laporan Senin (6/2/2023).

Laporan oleh Chainalysis menemukan aktivitas peretasan yang "surut dan mengalir" sepanjang tahun, dengan "lonjakan besar" pada Maret dan Oktober. Oktober adalah satu bulan terbesar untuk peretasan mata uang kripto, dengan 775,7 juta dolar AS dicuri dalam 32 serangan terpisah, kata laporan itu.

Pasar uang kripto menggelepar pada 2022, karena selera risiko berkurang dan berbagai perusahaan kripto runtuh. Investor dibiarkan dengan kerugian besar dan regulator meningkatkan seruan untuk lebih banyak perlindungan konsumen.

Pada saat itu, Chainalysis dan perusahaan lain mengkonfirmasi kepada Reuters bahwa akun terkait Korea Utara telah kehilangan nilai jutaan dolar. Tapi itu tidak menghalangi peretas.

Peretas yang terkait dengan Korea Utara seperti yang ada di sindikat penjahat dunia maya Lazarus Group sejauh ini merupakan peretas mata uang kripto paling produktif, mencuri sekitar 1,7 miliar dolar AS dalam beberapa serangan tahun lalu, kata laporan itu.

"Pada 2022, mereka memecahkan rekor pencurian mereka sendiri," katanya.

Korea Utara membantah tuduhan peretasan atau serangan siber lainnya.

Menurut panel ahli yang memantau sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa, Korea Utara semakin mengandalkan peretasan untuk mendanai program rudal dan senjata nuklirnya, terutama karena perdagangan yang dinyatakan secara publik menyusut di bawah sanksi dan penguncian COVID-19.

"Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa peretasan mata uang kripto adalah bagian yang cukup besar dari perekonomian negara," kata Chainalysis.

Untuk pertama kalinya tahun lalu, penegak hukum AS menyita 30 juta dolar AS dana curian dari peretas yang terkait dengan Korea Utara.

"Peretasan ini akan semakin sulit dan kurang berhasil setiap tahun," prediksi Chainalysis.

Target dalam "keuangan terdesentralisasi" atau DeFi, segmen yang berkembang pesat di sektor mata uang kripto, menyumbang lebih dari 82 persen mata uang kripto yang dicuri pada 2022, kata laporan itu.

Aplikasi DeFi, banyak di antaranya berjalan di blockchain Ethereum, adalah platform keuangan yang memungkinkan pinjaman berdenominasi kripto di luar bank-bank tradisional.

Tahun lalu melihat rekor jumlah transaksi kripto yang terkait dengan aktivitas terlarang secara keseluruhan, mencapai 20,1 miliar dolar AS, kata Chainalysis pada Januari.