Desa Sukajaya OKU Selatan jadi Desa Cantik

id Desa Cantik, Cinta Statistik, pengolahan data, rencana pembangunan, Pemkab OKU Selatan

Desa Sukajaya OKU Selatan jadi Desa Cantik

Pemkab OKU Selatan menerima penghargaan Anugerah Desa Cinta Statistik tahun 2022 di Menara Dana Reksa, Jakarta Pusat pada Senin (30/1). (ANTARA/Edo Purmana/23)

Muaradua (ANTARA) - Desa Sukajaya, Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan dinobatkan menjadi Desa Cinta Statistik (Cantik) sebagai pelopor peningkatan literasi statistik tentang desa di daerah itu.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo melalui Asisten Bidan Ekonomi dan Pembangunan, Hermansyah Said di Muaradua, Sabtu mengatakan, penghargaan Anugerah Desa Cantik tahun 2022 tersebut diterima usai Kabupaten OKU Selatan masuk 12 besar penilaian dari pemerintah pusat secara nasional.

Penganugerahan Desa Cantik Tahun 2022 ini tertuang berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Penetapan 12 Desa Cinta Statistik terbaik di Indonesia.

"Kabupaten OKU Selatan yaitu Desa Sukajaya termasuk dalam 12 desa yang menerima penghargaan tingkat nasional tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan, dipilihnya Desa Sukajaya sebagai Desa Cantik karena sebagai desa yang masif melakukan literasi statistik kepada masyarakat di pedesaan dibandingkan desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten OKU Selatan.

Para perangkat desa dinilai berhasil melakukan pembinaan peningkatan statistik bagi masyarakatnya sehingga data-data yang diperoleh di lapangan lebih berkualitas.

Artinya, dengan bagusnya sumber daya manusia di perangkat desa untuk merangkum dan mengolah data-data yang diperoleh, maka pemerintah di daerah pun bisa menggunakan data itu untuk mengambil kebijakan.

"Data inilah nantinya dijadikan landasan bagi pemerintah untuk menyusun strategi dan mengambil kebijakan seperti bagaimana daya beli bisa dijaga, termasuk memulihkan perekonomian pasca pandemi COVID-19," katanya. Sementara itu, Kepala BPS OKU Selatan, Eka Yulianni menambahkan, penghargaan Desa Cinta Statistik merupakan program pemerintah pusat yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data.

Dengan pengelolaan data yang akurat diharapkan agar perencanaan pembangunan di wilayah pedesaan di Kabupaten OKU dapat lebih tepat sasaran.

"Kami juga berharap Desa Sukajaya ini menjadi desa percontohan bagi desa-desa lainnya di OKU Selatan agar dapat menerima penghargaan yang sama," harapnya.