Bupati OKU Sumsel pastikan perayaan Imlek berjalan lancar

id Perayaan Imlek 2023, umat Tionghoa, umat Budha, Bupati OKU, Vihara Bodhijaya

Bupati OKU Sumsel pastikan perayaan Imlek berjalan lancar

Penjabat Bupati OKU bersama Forkompinda mengunjungi Vihara Bodhijaya untuk memastikan perayaan Imlek berjalan aman dan lancar, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Teddy Meilwansyah memastikan perayaan Imlek 2574 atau tahun baru China 2023 di wilayah itu berjalan aman dan lancar.

Penjabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa untuk memastikan hal tersebut pihaknya bersama jajaran Polres OKU melakukan kunjungan ke sejumlah vihara yang ada di wilayah itu.

Salah satunya Vihara Bodhijaya di Lorong Cempedak Kelurahan Baturaja Lama, Kecamatan Baturaja Timur dimana terlihat ratusan jemaat sedang melangsungkan ibadah perayaan Imlek dengan khusuk.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten OKU beserta unsur Forkopimda mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2023, semoga ditahun kelinci ini selalu diberikan kebahagiaan dan kemuliaan serta saling meningkatkan sinergi satu sama lain," kata Bupati.

Menurut Teddy, kehadiran Forkopimda OKU tersebut ingin ikut merasakan kebahagiaan bersama para jemaat dalam melaksanakan tahun baru Imlek tahun 2023 sekaligus memastikan kegiatan ini dapat berlangsung aman, lancar dan damai tanpa gangguan apapun. 

"Kami mengajak semua jamaat untuk bersama-sama mempertahakankan status zero konflik di Kabupaten OKU sekaligus mewujudkan daerah yang penuh toleransi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Budhayana Indonesia Kabupaten OKU, Iwanto Andoko menyampaikan apresiasi atas kunjungan Bupati OKU ke Vihara Bodhijaya pada perayaan Imlek tahun 2023.

"Semoga dengan kunjungan ini dapat membuat umat Budha khususnya di Kabupaten OKU dapat menjadi lebih kompak serta kuat dalam menjalani kehidupan," harapnya.

Dia menjelaskan, pada perayaan Imlek 2023 mengangkat tema reuni dan harapan dengan filosofi bertemakan Festival Musim Semi yang dirayakan oleh umat Tionghoa selama 40 hari.

Keluarga besar Tionghoa di Kabupaten OKU akan mengadakan makan malam reuni besar-besaran secara tradisional dalam rangka memperingati hari raya umat Budha tersebut.

"Meskipun zaman sudah modern, namun tradisi reuni ini tetap dijalankan selama ribuan tahun dan sangat dihormati oleh orang Tionghoa di Kabupaten OKU," ujar dia.
Pewarta :
Editor: Syarif Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2023