Disbudpar Sumsel apresiasi manajemen hotel fasilitasi tempat pertunjukan seniman

id Disbudpar Sumsel, apresiasi, hotel fasilitasi tempat pertunjukan seniman, seniman, pertunjukan seni, lobi hotel, pameran

Disbudpar Sumsel apresiasi manajemen hotel fasilitasi tempat pertunjukan seniman

Salah satu karya seni yang dipamerkan di salah satu hotel di Palembang pada Sepekan Munggah Seni (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan mengapresiasi manajemen hotel berbintang 'The Alts Hotel' di Palembang memfasilitasi seniman setempat melakukan pertunjukan seni.

"Dukungan The Alts Hotel menyediakan tempat bagi seniman menggelar Sepekan Munggah Seni yang berlangsung sejak 24 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 itu patut diapresiasi dan menjadi inspirasi bagi hotel lain memfasilitasi kegiatan serupa," kata Kadisbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal di Palembang, Ahad.

Menurut dia, seniman di daerah ini membutuhkan dukungan berbagai pihak untuk menyelenggarakan pertunjukan seni karena tidak memiliki tempat sendiri yang representatif.

Dengan disediakan tempat di hotel, diharapkan dapat memotivasi seniman terus berkarya dan melestarikan seni budaya yang juga dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini.

Sepekan Munggah Seni menghadirkan suasana keanekaragaman karya seni dan kearifan lokal Sumatera Selatan melalui tangan-tangan terampil seniman.

Kegiatan itu semakin menarik dengan adanya pameran lukisan, pembuatan tembikar (pottery), pertunjukan teater (live theater), seni rupa tiga dimensi (sculpture), musik, mendongeng (story telling) dan aktivitas anak-anak lainnya yang beragam, kata Kadisbudpar Aufa.

General Manager The Alts Hotel Palembang, Rizky Dermawan mengatakan pihaknya mendukung seniman lokal untuk berkarya dan melakukan pertunjukan seni.

Untuk mendukung Sepekan Munggah Seni momentum liburan akhir tahun Natal dan Tahun Baru 2023, pihaknya menyiapkan dua tempat yakni di lobi 'The Alts Hotel' lantai satu dan 'pre-function room' yang terletak di lantai dua.

Berbagai hasil karya seni dari para seniman Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya berjajar memenuhi lobi hotel seperti karya Rudi Maryanto, Fir Azwar, Edy Fahyuni, M Iqbal, Sujarwo, dan Ariyanto, ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2023