Desa Pandan Dulang OKU sukses budi daya ikan lele

id Budi daya ikan, ternak ikan lele, kolam terpal, program ketahanan pangan, Desa Pandan Dulang, pemberdayaan masyarakat, p

Desa Pandan Dulang OKU sukses budi daya ikan lele

Masyarakat Desa Pandan Dulang, Kabupaten OKU panen perdana ternak ikan lele sebanyak 16 kolam terpal, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Desa Pandan Dulang, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, sukses membudidayakan ternak ikan lele dalam mendukung program ketahanan pangan.

Kepala Desa Pandan Dulang, Kabupaten OKU, Mersi Egenom di Baturaja, Minggu, mengatakan untuk mendukung ketahanan pangan pemerintah desa setempat memberdayakan masyarakat melalui budi daya ikan lele guna mengubah pola pikir dari konsumen menjadi produsen.

Budi daya ikan air tawar tersebut sudah dijalankan sejak empat bulan terakhir dengan 16 kolam terpal yang dikelola oleh masyarakat secara swadaya.

"Masing-masing kolam ditebar sebanyak 2.000 bibit ikan lele dan Alhamdulillah hasil panen perdana hari ini cukup memuaskan," katanya.

Setiap kolam menghasilkan panen rata-rata sebanyak 1,8 kuintal ikan yang siap dikonsumsi dan dipasarkan sehingga menambah pemasukan masyarakat pembudidaya di desa itu.

"Hasil panen perdana budi daya ikan lele tersebut ada dua kolam yang dibagikan kepada masyarakat melalui posyandu, sedangkan hasil lainnya dijadikan indukan dan selebihnya dijual," kata Mersi.

Dia menjelaskan budi daya ikan lele yang dijalankan tersebut bersumber dari Dana Desa Pandan Dulang tahun anggaran 2022 dalam upaya mendukung program ketahanan pangan yang digagas oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Dalam program ini pemerintah desa memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan kolam budi daya ternak ikan guna meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu.

Selain budi daya ikan, pihaknya juga memberdayakan masyarakat untuk menanam berbagai jenis sayur mayur di pekarangan rumah seperti selada, terong, kacang panjang, cabe, dan tomat.

"Dan tentunya dalam pemberdayaan di bidang pertanian dan peternakan ini masyarakat mendapat pelatihan agar konsisten dalam mengelola usaha tersebut," ujarnya.

Ia menyakini dengan tingginya semangat masyarakat dalam berwirausaha kedepannya dapat menjadikan Desa Pandan Dulang menjadi daerah sentral penghasil ikan lele terbesar di Kabupaten OKU.