Wali Kota Palembang berharap kegiatan JKPI bangkitkan UMKM

id pameran jkpi,jaringan kota pusaka,bangkitkan umkm,wali kota palembang,bazar umkm

Wali Kota Palembang berharap kegiatan JKPI bangkitkan UMKM

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Rabu.(2/11) (ANTARA/Ahmad Rafli/2022)

Palembang (ANTARA) - Wali Kota Palembang Harnojoyo mengharapkan kegiatan bazar dan pameran dalam rangkaian Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) pada 2-5 November 2022 dapat membangkitkan pertumbuhan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"JKPI ini diharapkan menjadi kebangkitan UMKM," kata Harnojoyo pada pembukaan kegiatan Bazar dan Pameran JKPI di Palembang, Rabu.

Ia menjelaskan potensi penguatan UMKM dari acara ini sangat besar karena JKPI dihadiri 44 kepala daerah/bupati dan wali kota dari seluruh Indonesia yang masing masing membawa peserta 100 hingga 400 orang sebagai peserta Rakernas JKPI dan pameran UMKM.

Selain itu, pada acara ini terdapat 73 anjungan atau stan yang terdiri atas 33 unit stan untuk peserta daerah lain dan 40 stan khusus UMKM yang ada di Kota Palembang.

Menurut Harno, kegiatan ini bukan hanya sekadar pameran dan bazar semata tetapi juga sebagai implementasi kecintaan kebudayaan kita.

Oleh karena itu, ia juga mengimbau masyarakat Kota Palembang untuk menyambut peserta JKPI dengan budaya ramah sehingga pulangnya tamu dari acara tersebut mendapatkan kesan dan kenangan yang baik

"Kepada masyarakat Kota Palembang agar menyambut tamu dengan budaya kita yang ramah tamah sehingga memberikan kesan yang baik," katanya

Sementara itu, Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Maulan Aklil merasa senang dengan penyambutan panitia di Kota Palembang dengan iriangan kesenian tradisional Palembang.

"Terima kasih atas penyambutan kesenian dari Kota Palembang, saya senang dapat tanjak atau ikat kepala khas Palembang dan kain songket," kata Maulan Akil yang membawa peserta Rakernas dan UMKM dari daerahnya sebanyak 100 orang.