DPRD dorong Pemkab OKU bangun sirkuit berstandar nasional

id Sirkuit sepeda motor, arena balapan, lahan Pemkab OKU, sarana olahraga, DPRD OKU

DPRD dorong Pemkab OKU bangun sirkuit berstandar nasional

DPRD Kabupaten OKU. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mendorong Pemkab setempat membangun sirkuit berstandar nasional sebagai sarana olahraga balap sepeda motor bagi masyarakat di daerah itu.

"Jalur sirkuit ini layak dibangun di kawasan Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur karena memiliki lahan yang luas dan cukup jauh dari permukiman penduduk," kata Wakil Ketua DPRD OKU, Yudi Purna Nugraha di Baturaja, Jumat.

Pembangunan jalur balap sepeda motor ini dengan memanfaatkan lahan milik Pemerintah Kabupaten OKU seluas sekitar 5 hektare (Ha).

"Tahun depan ini harus terealisasi. Yang penting Komisi III DPRD OKU berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut," tegasnya.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten OKU, Densi Hermanto menambahkan bahwa rencana tersebut berawal dari keinginan masyarakat khususnya komunitas olahraga bermotor yang menginginkan adanya sirkuit olahraga standar nasional.

"Untuk itu melalui pemanfaatan aset yang dikelola oleh Pemkab OKU ini kami di dewan sepakat untuk membangun sirkuit grass track berstandar nasional di kawasan Kemelak Bindung Langit," ujarnya.

Untuk tahap awal, lanjut Densi, melalui APBD Perubahan Tahun 2022 pihaknya akan merancang Landscape agar ke depan pembangunan tersebut dapat terukur dan maksimal.

“Terkait nama dari sirkuit ini nantinya akan menyesuaikan. Yang pastinya pada tahap awal ini untuk menentukan kebutuhan anggaran termasuk desain ke depan melalui Landscape,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) OKU, Lusi melalui Kasi Pengamanan Erwin Arijaya secara terpisah mengatakan, lahan yang direncanakan untuk pembangunan sirkuit tersebut berada di lahan milik Pemkab OKU seluas 20 hektare (Ha).

"Dari luas lahan 20 Ha, 5 Ha diantaranya diperuntukkan untuk membangun sirkuit berstandar nasional yang rencananya dibangun pada 2023,” jelas Erwin.

 

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022