211.182 warga OKU sudah mendapat vaksin lengkap

id Cakupan vaksinasi, program vaksinasi, vaksin lengkap, vaksin penguat, jemput bola, Dinas Kesehatan OKU

211.182 warga OKU sudah mendapat vaksin lengkap

Seorang warga Kabupaten OKU disuntik vaksin COVID-19, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/Arsip)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mencatat sebanyak 211.182 orang warga di daerah itu sudah mendapat vaksin COVID-19 lengkap hingga dosis kedua.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU, Andi Prapto di Baturaja, Senin mengatakan bahwa cakupan vaksinasi dosis kedua saat ini sudah mencapai sekitar 78 persen atau menyentuh 211.182 jiwa warga OKU dari 269.955 target sasaran.

"Untuk realisasi cakupan vaksinasi dosis pertama sudah diangka 256.151 atau hampir menyentuh angka 100 persen," kata dia.

Menurut Andi, capaian program vaksinasi tersebut telah melampaui target nasional yang ditetapkan pemerintah pusat yaitu sebesar 70 persen untuk setiap daerah, termasuk di Kabupaten OKU.
 

Hal tersebut berkat kerja keras seluruh pihak terkait seperti Polres OKU, Kodim 0403 hingga BIN Daerah Sumsel yang turut mensukseskan program vaksinasi di Kabupaten OKU.

"Meskipun melebihi target nasional, namun pelayanan vaksinasi dosis pertama dan kedua tetap dilayani di seluruh puskesmas di Kabupaten OKU," ujarnya.

Hanya saja, Andi mengakui untuk cakupan vaksinasi penguat atau dosis ketiga di daerah itu masih tergolong rendah yaitu baru 18,6 persen atau sebanyak 43.319 jiwa yang sudah divaksin booster dari target sasaran.

Untuk itu, kata dia, pemerintah daerah terus menggenjot vaksinasi penguat melalui upaya jemput bola hingga ke desa-desa agar masyarakat lebih mudah mendapat vaksin COVID-19 guna menangkal penyebaran virus Corona.

Dalam upaya jemput bola, pihaknya mengerahkan tim kesehatan yang ada di seluruh puskesmas di setiap kecamatan untuk terjun ke lapangan guna mendata warga sekaligus memberikan suntikan vaksin penguat.
 

"Minimal harus tercapai 70 persen seluruh warga OKU divaksin penguat hingga akhir tahun nanti," ujarnya.