Dolar menuju minggu terbaik

id kurs dolar,indeks dolar,bunga naik,kebijakan Fed,pertemuan RBA

Dolar menuju minggu terbaik

Ilustrasi - Seorang pembeli menghitung uang Dolar Amerika Serikat yang ditukarnya di gerai penukaran valuta asing, Jakarta. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj/aa. (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

Tokyo (ANTARA) - The Fed telah menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 150 basis poin sejak Maret, dengan setengahnya datang bulan lalu dalam kenaikan terbesar bank sentral sejak 1994. Pasar bertaruh pada besaran lain yang sama pada akhir bulan ini.

Bank Sentral Eropa (ECB) diperkirakan akan menaikkan suku bunga bulan ini untuk pertama kalinya dalam satu dekade, meskipun para ekonom terbelah atas besaran kenaikannya.

Pasar akan melihat data inflasi zona euro yang akan dirilis hari ini untuk pemahaman yang lebih baik tentang seberapa agresif ECB.

Euro tergelincir 0,16 persen menjadi 1,0469 dolar pada Jumat, mundur setelah pelemahan dolar pada Kamis (30/6/2022) membuatnya reli 0,39 persen untuk keluar dari level terendah dua minggu di 1,0381 dolar.

Untuk minggu ini, euro turun 0,86 persen karena investor menilai kesulitan ekonomi Eropa lebih genting daripada di Amerika Serikat, ditambah dengan krisis energi yang dipicu oleh perang di Ukraina.

Yen hampir datar, dengan satu dolar dibeli 135,77 mata uang Jepang.

Pertengahan minggu, yen turun ke level terendah beberapa dekade di 137,00 per dolar karena sikap agresif Fed sangat kontras dengan sikap dovish bank sentral Jepang yang teguh.

Sejak Jumat lalu (24/6/2022), dolar telah naik 0,41 persen terhadap yen, yang akan menjadi kenaikan mingguan kelima.

Sterling turun 0,26 persen menjadi 1,21475 dolar, membalikkan kenaikan 0,45 persen pada Kamis (30/6/2022). Untuk minggu ini, telah jatuh 1,02 persen.

Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko juga turun 0,26 persen, berpindah tangan pada 0,6885 dolar AS. Aussie telah jatuh 0,81 persen minggu ini.

Bank sentral Australia (RBA) akan memutuskan kebijakan pada Selasa (5/7/2022), dan pasar memperkirakan kenaikan suku bunga utama setengah poin. Tapi itu tidak banyak membantu Aussie, yang malah mengikuti harga komoditas yang lebih rendah karena prospek ekonomi global memburuk.

"Kami telah berdebat selama beberapa waktu untuk pelemahan di bawah 0,70 dolar AS, dan bahwa kami akan memberikan waktu penurunan ini terungkap, terutama mengingat tekanan stagflasi/resesi yang meluas," tulis ahli strategi Westpac dalam sebuah catatan, memilih 0,6750 dolar AS sebagai "target jelas berikutnya" untuk mata uang tersebut.Dolar sedikit berubah terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat pagi, tetapi berada di jalur untuk minggu terbaiknya dalam empat pekan karena investor mempertimbangkan dorongan dari kebijakan Federal Reserve yang lebih ketat dan risiko resesi AS.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang utama lainnya, naik tipis 0,07 persen di perdagangan Asia, setelah turun 0,32 persen semalam ketika dirusak oleh data belanja konsumen yang lebih lemah dari perkiraan.

Untuk minggu ini, dolar telah naik 0,66 persen dalam dorongan dan tarikan yang kompleks karena kekhawatiran perlambatan global memperkuat daya tarik greenback karena status sebagai mata uang aman. Pasar akan mengamati pelemahan angka manufaktur ISM AS yang akan dirilis hari ini.

"Sentimen dolar telah memburuk di balik meningkatnya kekhawatiran resesi, tetapi fokus pada pertumbuhan AS secara terisolasi tidak pernah menjadi cara yang baik untuk memperdagangkan dolar," tulis ahli strategi RBC Capital Markets dalam sebuah catatan kepada klien.

Kemungkinannya sangat rendah Amerika Serikat tergelincir ke dalam resesi sementara seluruh dunia tidak, kata para ahli strategi. Dolar dan mata uang aman lainnya seperti yen dan franc Swiss akan diuntungkan dengan mengorbankan mata uang komoditas dan sterling selama penurunan global, tambah mereka.