BMKG: Wilayah Sumsel berpotensi hujan

id BMKG,iklim ,cuaca,BMKG Sumsel,cuaca sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

BMKG: Wilayah Sumsel  berpotensi hujan

Pengendara menerobos hujan saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan sejumlah wilayah setempat berpotensi hujan, Rabu.

Rilis pers diterima Antara, pada pagi hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Banyuasin.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang di wilayah Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, Empat Lawang, Lahat, Muaraenim, OKI, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan dan Pagaralam.

Sedangkan, cuaca berpotensi hujan ringan di wilayah Lubuk Linggau, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada siang hingga sore hari.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah Muara Enim, Lubuklinggau, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, dan PALI.

Sedangkan pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan ringan di wilayah Banyuasin dan OKI.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 33 Celcius, kelembapan udara 58 persen hingga 98 persen.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 18 – 32 Celsius, kelembaban udara 60 persen - 100 persen.

Angin bergerak dari Tenggara – Barat dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi Gelombang Laut di Selat Gelasa 0,5 – 1,25 meter, Selat Bangka bagian Selatan dan Selat Bangka bagian Utara 0,1 – 0,5 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan, arah angin dari Timur – Selatan dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG memberikan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang – lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang - malam hari di wilayah Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, Empat Lawang, Lahat, Muaraenim, OKI, OKU, OKU Selatan dan Pagaralam.