Diskannak OKU siapkan penyemprotan disinfektan untuk hewan ternak

id Penyemprotan disinfektan, kandang peternakan, Penyakit Mulut dan Kuku, tim satgas, Diskannak OKU

Diskannak OKU siapkan penyemprotan  disinfektan untuk hewan ternak

Petugas Diskannak OKU melakukan pemeriksaan pada hewan ternak untuk mengantisipasi wabah PMK. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menyiapkan penyemprotan cairan disinfektan untuk setiap hewan ternak dari luar daerah yang masuk ke daerah setempat guna mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Diskannak Ogan Komering Ulu (OKU), Hendri Aprizal di Baturaja, Jumat, mengatakan saat ini pihaknya sedang mengajukan bantuan cairan disinfektan kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan Kabupaten OKU.

"Untuk cairan disinfektan saat ini masih dalam tahap pengajuan," katanya.

Dia menjelaskan cairan disinfektan tersebut nantinya akan digunakan untuk mengoptimalkan pemeriksaan kesehatan hewan ternak yang masuk ke Kabupaten OKU.

Setiap hewan ternak mulai dari sapi, kerbau dan domba yang masuk ke Kabupaten OKU akan dilakukan pemeriksaan secara ketat, termasuk disemprot dengan cairan disinfektan untuk memastikan hewan tidak mengidap PMK.

"Termasuk juga penyemprotan akan dilakukan di seluruh kandang peternakan milik masyarakat Kabupaten OKU," ujarnya.

Untuk mengoptimalkan pengawasan, tambah dia, dalam waktu dekat pihaknya juga akan membentuk tim satgas untuk menanggulangi wabah penyakit tersebut.

"Pembentukan satgas saat ini juga masih dalam proses pengajuan ke Bupati OKU untuk diterbitkan SK sebagai payung hukumnya," tegasnya.