Kemenparekraf-SMS gelar Kopi Craft Indonesia hadirkan robot barista

id Tangerang

Kemenparekraf-SMS gelar Kopi  Craft Indonesia hadirkan robot barista

Barista Robot yang bernama Otten Matic dihadirkan dalam acara Kopi Craft Indonesia yang diselenggarakan Summarecon Mall Serpong bersama Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif. Barista Robot ini akan membuat kopi dalam waktu tiga menit dengan teknik penyajian yang khas. Pengunjung yang ingin mendapatkan sajian dari Barista Robot ini harus membeli tiket Rp48.000 untuk dua orang dan mendapatkan satu gelas kopi.

Tangerang (ANTARA) - Summarecon Mall Serpong (SMS) bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Kopi Craft Indonesia yang menyajikan berbagai kopi Nusantara hingga penampilan robot barista dalam membuat kopi.

Center Director Summarecon Mall Serpong, Tommy di Tangerang, Banten, Sabtu, mengatakan Kopi Craft Indonesia digelar untuk meningkatkan semangat pada industri kopi Indonesia, termasuk para petani kopi.

Acaranya dikemas melalui berbagai agenda yang interaktif seputar kopi dan diikuti oleh lebih dari 30 tenant kopi dari Jakarta, Bandung dan kota-kota lain seperti First Crack Coffee, Otten Coffee, Anomali Coffee, Klasik Beans, Kopi Kalyan.

"Beragam sajian konten menarik berbasis kopi ini diharapkan dapat merangkul tidak hanya para pelaku UMKM kopi dan coffee enthusiast, melainkan juga pengunjung setia SMS," katanya.

Khusus untuk robot barista, pengunjung bisa masuk ke dalam tenant dengan membeli tiket terlebih dahulu yang diperuntukkan bagi dua orang. Pengunjung akan disuguhkan kopi oleh robot barista bernama Otten Matic secara langsung.

Selama tiga menit proses pembuatan kopi, pengunjung akan diberikan pengetahuan mengenai cara penyajian kopi dari menuangkan air hingga jenis kopi yang diberikan.

"Mungkin ini yang pertama ada dalam pameran. Kami sajikan agar memberikan tambahan pengalaman kepada pecinta kopi. Ini juga bagian dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)," katanya.

Ditambahkannya, Kopi Craft Indonesia digelar mulai 26 Mei - 5 Juni 2021 di Atrium Forum, Circle dan Broadway Stage SMS.

Kopi Craft Indonesia akan diisi dengan rangkaian acara mulai dari Coffee Bazaar & Exhibition, dan Talk & Share dengan beragam topik bahasan seputar kopi seperti Indonesia Coffee Shop Success Story, Biji Kopi Nusantara, Coffee & Cigar Pairing, Agrowisata Kopi.

Selain itu, Kopi Craft Indonesia juga akan memberikan wadah bagi para barista untuk unjuk kebolehan dalam Manual Brewing & Signature Coffee Competition dengan total hadiah Rp55.000.000. "Di sini ada kopi arabica sekitar 40 persen dan robusta 60 persen," kata dia.