Aktor Kevin Spacey didakwa atas pelecehan seksual di Inggris

id kevin spacey

Aktor Kevin Spacey didakwa atas pelecehan seksual di Inggris

Kevin Spacey (REUTERS/Brian Snyder)

Jakarta (ANTARA) - Aktor Kevin Spacey didakwa dengan tuduhan pelecehan seksual termasuk penyerangan terhadap tiga pria setelah diselidiki oleh polisi di London, kata Crown Prosecution Service Inggris, Kamis.

Polisi mengatakan, tuduhan penyerangan itu terjadi antara Maret 2005 dan April 2014, empat insiden yang terjadi melibatkan pria yang kini berusia kepala tiga dan dua pria berusia 30-an.

"CPS telah mengesahkan tuntutan pidana terhadap Kevin Spacey (62) atas empat tuduhan penyerangan seksual terhadap tiga pria," jata Rosemary Ainslie, kepala Divisi Kejahatan Khusus CPS, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters pada Jumat.

"CPS juga mengesahkan satu tuduhan yang menyebabkan seseorang terlibat dalam aktivitas seksual penetrasi tanpa persetujuan. Kewenangan untuk mendakwa itu mengikuti tinjauan bukti yang dikumpulkan selama penyelidikan Kepolisian Metropolitan."

Spacey akan didakwa jika dia ditangkap di Inggris atau Wales, kata juru bicara CPS.

Spacey, yang pernah jadi bintang besar di Hollywood, menghilang dari pandangan publik sejak dituduh melakukan pelanggaran seksual lima tahun lalu.

Pada November 2017, teater Old Vic di London mengatakan telah menerima 20 tuduhan terkait perilaku tak pantas yang dilakukan Spacey dari 20 pria yang berinteraksi dengannya di teater, atau terlibat dengannya, antara 1995 dan 2013.

Dia dikeluarkan dari serial televisi "House of Cards" dan film "Al the Money in the World" setelah tuduhan pelecehan seksual itu mengemuka.

Aktor 62 tahun yang mendapatkan penghargaan aktor terbaik di ajang Oscar berkat aktingnya di film "American Beauty" itu dulu membantah semua tuduhan tersebut.

Roberto Cavazos, aktor yang bekerja di Old Vic, tempat di mana Spacey menjadi direktur artistik antara 2004 dan 20105, mengatakan pada 2017 pertemuannya dengan sang bintang Hollywood "mendekati apa yang kau sebut pelecehan".

Spacey juga digugat di Amerika Serikat oleh aktor Anthony Rapp yang menuduhnya melakukan pelecehan seksual dan penyerangan pada 1980-an saat Rapp berusia 14 tahun.

Seorang hakim di Manhattan tahun lalu menolak klaim oleh orang kedua yang menggugat Spacey, setelah penggugat menolak mengidentifikasi dirinya di depan umum.

Pada 2019, jaksa Massachusetts membatalkan kasus pidana yang menuduh Spacey melakukan pelecehan seksual terhadap seorang pria 18 tahun di sebuah bar tiga tahun sebelumnya setelah korban yang menolak untuk bersaksi.