Timnas 3x3 putri rebut perunggu SEA Games, tim putra tanpa medali

id timnas basket 3x3 ,3x3 putri,SEA Games

Timnas 3x3 putri rebut perunggu SEA Games, tim  putra tanpa medali

Dewa Ayu Made Sriartha berupaya melesakkan bola dalam pertandingan bola basket 3x3 SEA Games 2021 Vietnam di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Sabtu (14/5/2022). Timnas bola basket 3x3 putri Indonesia meraih medali perunggu setelah mengalahkan Filipna dengan skor 16-10 (NOC Indonesia/MP Indonesia/Iqbal Fauzi)

Hanoi, Vietnam (ANTARA) - Tim nasional bola basket 3x3 putri meraih medali perunggu pada SEA Games 2021 Vietnam setelah mengalahkan Filipina dengan skor 16-10 dalam partai perebutan posisi ketiga di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Sabtu.

Adelaide Wongsohardjo, Dewa Ayu Made Sriartha, Kimberley Pierre Louis, dan Nathania Claresta sebelumnya mengantongi lima kemenangan dan satu kekalahan pada fase penyisihan, sehingga mengantarkan mereka finis di urutan kedua klasemen dan melaju ke semifinal.

Namun saat semifinal, Merah Putih dipaksa menyerah kepada tim tuan rumah setelah kalah 16-19 sebelum memenangi pertandingan kontra Filipina 16-10 dan memastikan perunggu.

Capaian tersebut memperbaiki catatan timnas 3x3 putri di SEA Games 2019 Filipina yang pada saat itu harus pulang tanpa medali setelah hanya mengantongi satu kemenangan selama fase penyisihan.


Hasil berbeda justru didapat timnas 3x3 putra pada kejuaraan Asia Tenggara kali. Timnas putra yang ditargetkan bisa mempertahankan perak justru harus pulang tanpa medali.

Oki Wira dan kawan-kawan, yang merebut perak pada SEA Games 2019 Filipina, kalah 15-21 dari Vietnam sebelum takluk 10-14 oleh Filipina pada babak perebutan medali perunggu.

Sementara itu, Thailand merajai nomor bola basket 3x3 dan sukses mengawinkan medali emas putra dan putri di SEA Games Vietnam setelah mengalahkan tuan rumah pada partai final.