Pengisi suara "Turning Red" bicara persahabatan & budaya Asia

id turning red,pixar,disney,disney+ hotstar,sandra oh,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Pengisi suara "Turning Red" bicara persahabatan & budaya Asia

"Turning Red" (2022). (PIXAR/Pixar)

Jakarta (ANTARA) - Para pengisi suara utama di film animasi terbaru Pixar, "Turning Red", membagikan kesan dan pandangan mereka soal persahabatan hingga representasi budaya Asia yang lekat di film ini.

Sandra Oh yang mengisi suara Ming, sosok ibu dari lakon utama Meilin (Rosalie Chiang), mengatakan penggambaran persahabatan antara para gadis muda di dalam "Turning Red" sangat hangat, dan memberikan kekuatan bagi perempuan muda yang akan menonton film ini.

"Penggambaran persahabatan antargadis ini sangat penting, karena saya dikelilingi oleh banyak teman perempuan yang baik, dan ketika menonton televisi dan film selama bertahun-tahun, imaji dari persahabatan sesama perempuan digambarkan sedemikian rupa -- yang backstabbing dan sebagainya -- dan itu sangatlah salah," kata Oh, dalam jumpa pers global "Turning Red", dikutip pada Senin.

"Dan dalam film ini, saya pikir memiliki representasi yang baik soal persahabatan yang dalam, baik di saat baik dan buruk," ujarnya menambahkan.

Hyein Park, pengisi suara salah satu sahabat Meilin, Abby, pun setuju. Menurutnya, penggambaran persahabatan perempuan perlu dibuat se-otentik mungkin.

"Ketika kami di Pixar memiliki kesempatan untuk menampilkan persahabatan perempuan, penting bagi kami untuk membuatnya se-otentik mungkin. Jadi, saya dan Domee (Shi, sutradara) banyak bicara soal itu, dan membuatnya senyata mungkin. Banyak cerita yang kami bagi seperti momen-momen yang kami suka di persahabatan ini," jelas dia.

"Dan, Pixar memiliki audiens yang sangat luas. Dan saya berharap generasi muda yang menonton film ini dapat melihat seperti apa persahabatan perempuan yang tulus dan solid," imbuh pengisi suara Miriam, Ava Morse.

 
"Turning Red" (2022). (PIXAR/Pixar)


"Turning Red" sendiri mengikuti Meilin, gadis muda berdarah China yang tinggal di sebuah pecinan di Toronto, Kanada. Ia tinggal bersama keluarganya, dengan ibu yang tegas dan menjunjung tinggi nilai budayanya.

Sandra Oh yang mengisi suara sang ibu, mengatakan ia banyak melihat sosok ibunya dalam karakter tersebut. "Saya tidak takut dengan konsep 'tiger mom' ini. Saya sangat mencintai ibu saya. Ia tegas di balik tubuhnya yang mungil. Saya memiliki hubungan yang baik dengan ibu saya," kata Oh.

"Dan, ya, sepertinya sangat sulit memuaskan para ibu berdarah Asia," imbuhnya sembari tertawa.

Rosalie Chiang, pengisi suara Meilin, mengatakan dirinya juga banyak belajar dari karakter yang ia perankan. "Ia sangat fokus pada gol-nya. Dia juga melalui beberapa perubahan (pubertas) selayaknya orang lain," kata dia.

Hyein Park menambahkan, "Dan Meilin tidak menyangkal ketika dirinya menjadi rapuh, dan itu adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Ia juga mampu menerima kesalahan dan berani meminta maaf kepada teman-temannya."

Sementara itu, "Turning Red" tayang di Disney+ Hotstar pada 11 Maret 2022.