Facebook dan Instagram buat rangkuman 2021 untuk penggunanya

id Facebook, instagram, rangkuman satu tahun instagram, meta,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Facebook dan Instagram buat rangkuman 2021 untuk  penggunanya

Rangkuman dalam setahun yang dikeluarkan oleh instagram di 2021. (ANTARA/HO/Instagram)

Jakarta (ANTARA) - Facebook dan Instagram, dua aplikasi yang dimiliki oleh Meta, meluncurkan fitur baru bernama “Year in Review” yang berisikan rangkuman kegiatan dalam satu tahun yang dilakukan sepanjang 2021 oleh penggunanya.

Mengutip TechCrunch, Jumat, pada aplikasi Facebook, pengguna dapat membagikan kartu “Year Together” yang telah dipersonalisasi secara langsung oleh Facebook.

Pada kartu itu terdapat banyak teman, tempat, orang yang paling berpengaruh, hingga perasaan yang paling sering dibagikan pengguna di aplikasi Facebook sepanjang 2021

Fitur itu mulai dirilis pada hari ini dan akan tersedia hingga 30 Desember 2021 secara global sehingga seluruh warganet bisa saling berbagi rangkuman pengalaman satu tahunnya di 2021 tanpa terhambat jarak dan waktu.

Lalu pada Instagram, hal serupa akan bisa dibagikan melalui IG Story lewat time capsule yang disebut “Playback”. Fitur ini mengandalkan arsip dari story- story yang dibagikan selama satu tahun ke belakang.

Pengguna sebenarnya bisa memilih sendiri sebanyak 10 story untuk mengisi time capsule itu dan akhirnya bisa dibagikan kepada para pengikut atau pun teman- temannya di Instagram.

Fitur itu mulai tersedia di Amerika Serikat dan akan bisa dicoba oleh pengguna global lainnya dalam beberapa minggu ke depan.

Tren membagikan rangkuman satu tahun menjelang akhir tahun sebenarnya secara kolektif telah dilakukan oleh para pengguna instagram maupun media sosial lainnya secara mandiri.

Pada beberapa tahun lalu, pengguna instagram misalnya ramai- ramai mengunggah rangkuman sembilan unggahan yang paling disukai sebagai bagian dari rangkuman satu tahun terakhir.

Untuk memudahkan para pengguna, maka tahun ini Instagram dan Facebook berinisiatif menghadirkan rangkuman tahunan itu secara otomatis. Fitur baru Facebook dan Instagram sepenuhnya dapat disesuaikan sehingga pengguna dapat menambah atau menghapus konten dan postingan yang mereka pilih.

Meta mencatat bahwa kedua fitur ini akan diluncurkan dalam beberapa hari ke depan untuk semua pengguna di seluruh dunia. Peluncuran fitur-fitur “Rangkuman dalam Setahun” menjadi semakin populer berkat pengalaman “Wrapped” tahunan Spotify yang dibagikan secara luas di media sosial setiap tahun.