Dinas Kesehatan OKU Timur kampanyekan Germas

id Kampanye Germas, gerakan hidup sehat, pencegahan penularan penyakit, Dinas Kesehatan OKU

Dinas Kesehatan OKU Timur  kampanyekan Germas

Pemkab OKU Timur mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Selasa (7/12/2021). (ANTARA/Edo Purmana)

Martapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam upaya mencegah penularan berbagai penyakit, termasuk kekerdilan pada anak usia dini.

"Germas ini ditujukan untuk mengubah pola pikir masyarakat agar terbiasa hidup sehat," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan OKU Timur Elwana di Martapura, Selasa.

Dia mengatakan kampanye itu bentuk komitmen pemerintah daerah dalam menggalakkan pentingnya masyarakat menjaga pola hidup sehat.

"Tujuan Germas agar meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat sehingga menurunkan faktor risiko utama penyakit menular dan tidak menular," kata dia.

Program itu menyasar masyarakat mulai dari tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan yang tersebar di Kabupaten OKU Timur.

Kampanye hidup sehat tersebut dilakukan dengan cara sosialisasi dan mengadvokasi para pengambil kebijakan, baik tingkat kabupaten maupun kecamatan dan kelurahan, agar dapat mendukung pelaksanaannya dengan lintas sektoral dalam pencegahan tengkes di daerah ini.

Dalam kegiatan ini, pihaknya mengampanyekan tiga pilar Germas, yaitu olahraga, makan buah dan sayur sebagai pangan lokal, serta pemeriksaan kesehatan secara gratis.

"Germas ini dikemas dengan kegiatan menarik, mulai dari senam bersama, pemeriksaan kesehatan, hingga pemberian hadiah," ujarnya.

Asisten I Sekda Kabupaten OKU Timur Dwi Supriyanto menyambut baik aksi yang penting dilakukan di tengah pandemi COVID-19 itu.

"Menjaga kesehatan harus dimulai sejak awal dan perlu dilakukan kebiasaan-kebiasaan yang harus dilakukan sejak kecil sehingga anak-anak kita nantinya akan memahami arti pentingnya kesehatan," ujar dia.