Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu kampanye Germas

id germas

Dinas Kesehatan  Ogan Komering Ulu kampanye Germas

Logo Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengampanyekan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui sosialisasi kepada masyarakat di wilayah itu.

"Sosialisasi Germas ini kami laksanakan di setiap kecamatan di Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu)," kata Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu Husni Thamrin melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Deddy Wijaya, didampingi Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Afua Amuri, di Baturaja, Kamis.

Selain sosialisasi, pada November 2019 pihaknya juga menggelar Gebyar Germas untuk mengajak masyarakat di wilayah itu agar berperilaku hidup bersih dan sehat.

Dalam kegiatan Gebyar Germas, pihaknya akan melibatkan seluruh puskesmas di 13 kecamatan di kabupaten setempat serta lintas sektor kesehatan.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut untuk menggerakkan masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menurunkan angka  penyakit menular dan tidak menular.

"Gebyar Germas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat serta menurunkan faktor risiko utama penyakit menular dan tidak menular," kata dia.

Dia mengemukakan upaya menurunkan faktor risiko penyakit menular dan tidak menular dapat dilakukan dengan meningkatkan aktivitas secara teratur, seperti olahraga minimal 30 menit setiap hari.

"Selain itu masyarakat juga kami sarankan agar rutin melakukan pemeriksaan deteksi dini penyakit di tempat pelayanan kesehatan minimal enam bulan sekali, terutama tekanan dan kadar gula darah," ujarnya.