Italia amankan delapan besar, Rusia dan Inggris unggul di Piala Davis

id Piala Davis,Novak Djokovic,berita sumsel, berita palembang

Italia amankan delapan besar, Rusia dan Inggris unggul di Piala Davis

Davis Cup Finals - Group F - Italy v Colombia - Pala Alpitour, Turin, Italy - November 27, 2021 Italy's Jannik Sinner in action during his match against Colombia's Daniel Elahi Galan Riveros REUTERS/Guglielmo Mangiapane

Jakarta (ANTARA) -
Federasi Tenis Rusia membuka Final Piala Davis mereka dengan kemenangan gemilang atas Ekuador, begitu juga Inggris memulai dengan kemenangan melawan Prancis, sementara Italia melaju ke perempat final dengan kemenangan atas Kolombia.

Namun, Australia, juara 28 kali, menghadapi eliminasi yang hampir pasti meski mengalahkan Hungaria 2-1.

Serbia, yang diperkuat oleh Novak Djokovic, dikalahkan 2-1 oleh Jerman di Grup F saat petenis nomor satu dunia itu kalah dalam laga penentuan nomor ganda, yang berarti mereka harus menunggu sampai pertandingan babak penyisihan grup untuk mengetahui apakah mereka maju atau tidak.

Sementara itu, dikutip dari Reuters, Rusia berhasil mengalahkan Ekuador 3-0 di Madrid, Sabtu waktu setempat atau Minggu WIB, untuk menyamakan kedudukan dengan juara bertahan Spanyol yang akan mereka hadapi untuk menentukan siapa yang akan tampil sebagai juara Grup A.

Petenis peringkat lima dunia Andrey Rublev mengalahkan Roberto Quiroz 6-3 4-6 6-1 sebelum juara US Open Daniil Medvedev melibas peringkat 149 dunia Emilio Gomez dengan kekalahan dua gim.

Rublev kemudian berpasangan dengan Aslan Karatsev untuk mengalahkan Gonzalo Escobar dan Diego Hidalgo dalam tiga set.

Italia, yang mengalahkan AS dalam pertandingan pembukaan Grup E, memenangi dua pertandingan tunggal mereka melawan Kolombia di Turin dengan kemenangan untuk Lorenzo Sonego dan Jannik Sinner.

Sementara di Grup C, Inggris dengan cepat menumbangkan Prancis dengan Dan Evans mengalahkan Adrian Mannarino 7-5 6-4. Cameron Norrie kemudian mengalahkan Arthur Rinderknech 6-2 7-6(8) setelah bangkit dari ketinggalan 1-4 dalam tiebreak.

Prancis memenangkan nomor ganda saat Rinderknech, pengganti Pierre-Hugues Herbert, bergabung dengan Nicolas Mahut untuk mengalahkan Joe Salisbury dan Neal Skupski 6-1, 6-4 -- kemenangan yang penting bagi Prancis yang mengalahkan Ceko.

Inggris akan berhadapan dengan Ceko, yang mempertaruhkan posisi teratas.

Djokovic dipaksa kerja lembur dalam pertandingan Serbia melawan Jerman di Innsbruck yang digelar tanpa penonton.

Setelah rekan setimnya Filip Krajinovic kalah 7-6(4) 6-4 dari Dominik Koepfer, Djokovic menyamakan kedudukan dengan kemenangan melawan Jan-Lennard Struff.

Djokovic kembali ke lapangan untuk berpasangan dengan Nikola Cacic tetapi harapan Serbia untuk maju sebagai juara grup pupus ketika pasangan Serbia itu kalah 7-6, 3-6, 7-6 dari Kevin Krawietz dan Tim Puetz meski sempat unggul lebih dulu pada set penentuan.

Serbia, yang mengalahkan Austria 3-0 dalam pertandingan pembukaan Grup F, sekarang harus menunggu sampai pertandingan Jerman dengan Austria pada Minggu untuk mengetahui nasib mereka.

Delapan belas tim bersaing dalam enam grup round-robin di tiga kota untuk memperebutkan tempat di delapan besar, Senin waktu setempat atau Selasa WIB. Enam juara grup dan dua runner-up terbaik lolos.

Pertandingan di Innsbruck dimainkan secara tertutup menyusul pemberlakuan kembali penguncian atau lockdown COVID-19 di Austria, sementara di Madrid dan Turin jumlah penonton dibatasi kurang dari kapasitas