Sumsel gelar Siguntang Fest 2021 lestarikan kearifan budaya lokal

id pariwisata sumsel,siguntang fest,pariwisata ,wisata sumsel,kerajaan sriwijaya

Sumsel gelar Siguntang Fest 2021 lestarikan kearifan budaya lokal

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya dan para pejabat setempat melepas burung merpati untuk menandai dibukanya Siguntang Fest 2021 di Palembang, Selasa (23/22/21). (ANTARA/HO-Pemprov)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar Siguntang Fest 2021 untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal di tengah perubahan zaman.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya di Palembang, Selasa, mengatakan, festival ini sebagai wujud nyata konsistensi Pemprov Sumsel dalam menjaga budaya, sejarah dan kearifan lokal masyarakat.

Festival budaya yang terpusat di Taman Bukit Siguntang ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kembali pertumbuhan sektor pariwisata.

Meskipun saat ini merupakan zaman modern, tapi budaya ini tidak boleh dilupakan. Oleh sebab itu, agar budaya di Sumsel ini tetap tumbuh, kami terus konsisten menggelar festival semacam ini, kata Mawardi saat membuat festival tersebut.

Dia menyebut, saat ini Pemprov menggalakkan kegiatan budaya masyarakat lokal. "Oleh karena itu, di festival ini ditampilkan budaya-budaya asli Sumsel yang dapat dijadikan sarana promosi pariwisata."

Selain itu, langkah ini juga merupakan jembatan edukasi bagi masyarakat Sumsel yang belum paham mengenai warisan budaya dari lelulur.

Saat ini banyak sejarah-sejarah yang belum diketahui masyarakat. Ini kami sosialisasikan untuk meningkatkan kembali pertumbuhan pariwisata di Sumsel, kata dia.

Terlebih, sambungnya, Sumsel nantinya menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) pada tahun 2022, yang mana kegiatannya berkaitan erat dengan budaya.

Dalam Fornas tersebut akan menyajikan olahraga rekreasi masyarakat yang saat ini mulai terlupakan seperti gobak sodor, layang-layang dan lain-lain, ujar dia.

Siguntang Fest merupakan festival tahunan yang digelar Pemprov Sumsel melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Tahun 2021 ini merupakan tahun kedua digelarnya kegiatan tersebut.

Mengusung tema “ Bukit Suci Sepanjang Masa” Siguntang Fest 2021 diharapkan dapat semakin mendorong pelestarian budaya yang sudah tumbuh dan berkembang sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Bukit Siguntang dianggap menjadi lokais bersejarah dan memiliki peranan penting pada perkembangan Kerajaan Sriwijaya kala itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, selain diisi dengan kegiatan budaya, Siguntang Fest 2021 juga diisi dengan kegiatan olahraga rekreasi.

Kami juga menggandeng berbagai pihak salah satunya ICSB. Di festival ini kita juga mengaktifkan ekonomi kreatif masyarakat dengan mengajak UMKM, kata dia.

Saat ini Bukit Siguntang telah menjadi destinasi wisata baru di Sumsel khususnya Palembang.

“Bukit Siguntang ini sudah digandrungi wisatawan. Ini destinasi wisata sejarah yang harus terus kami lestarikan. Festival ini bukti untuk mengembalikan marwah Bukit Siguntang,” ujar dia.