Toprak Razgatlioglu dominasi dua sesi latihan bebas WSBK

id Toprak Razgatlioglu,WSBK,World Superbike,Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Toprak Razgatlioglu dominasi dua sesi latihan bebas WSBK

Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu melaju saat sesi latihan bebas pertama (FP1) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (19/11/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Lombok Tengah (ANTARA) - Pemuncak klasemen sementara Toprak Razgatlioglu tampil dominan dalam dua sesi latihan bebas seri penutup World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB, Jumat.

Pebalap tim Pata Yamaha with Brixx WorldSBK itu tampil tercepat pada sesi FP1 pada Sabtu pagi dengan catatan 1:34,985 mengalahkan Alex Lowes dari tim Kawasaki Racing Team dengan margin cukup lebar 1,544 detik.

Garrett Gerloff dari tim GRT Yamaha finis peringkat tiga dengan jarak 1,600 detik dari pemuncak sesi pagi.

Rival utama Razgatlioglu dalam perebutan gelar tahun ini, Jonathan Rea hanya mampu finis P11 di sesi pagi setelah catatan waktunya terpaut 2,401 dari sang pebalap Turki karena mengalami masalah teknis.

Di sesi latihan siang, Rea memperbaiki kecepatannya dan mampu finis peringkat dua dengan catatan 1:34,404. Namun Razgatlioglu tampil cepat setengah detik dari catatannya di FP1 demi mengamankan keunggulan 0,174 detik dari sang pebalap Kawasaki.

Gerloff sekali lagi tampil konsisten di peringkat tiga, namun dengan kondisi trek yang lebih kondisif, dengan selisih 0,225 detik.

Razgatlioglu tak menunjukkan tanda-tanda melambat ketika pebalap berusia 25 tahun asal Turki itu mengincar gelar juara dunia pertamanya di WSBK sekaligus mematahkan dominasi Rea.

Tiba di balapan pemungkas musim di Mandalika, Rea akan berupaya mengatasi defisit 30 poin dari Razgatlioglu dengan 62 poin maksimal tersedia dari tiga balapan pada akhir pekan ini apabila ingin mempertahankan titelnya sekaligus mengklaim gelar ketujuhnya secara beruntun.

Razgatlioglu telah memenangi 13 balapan dan dua Superpole sedangkan Rea musim ini mengantongi 11 kemenangan dan delapan Superpole.

Race 1 pada Sabtu sore akan menjadi kesempatan pertama Razgatlioglu mengunci gelar juara dunia apabila ia bisa memperlebar jaraknya dari Rea minimal 37 poin.