Waspadai hujan lebat dan angin kencang

id Prakiraan cuaca,BMKG,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Waspadai hujan lebat dan  angin kencang

Peringatan dini cuaca Kalimantan Selatan Jumat (3/9/2021) pukul 06.50 WITA masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 07 20 WITA. (ANTARA/HO-BMKG).

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, Jumat.

Dilansir melalui laman resmi BMKG, kondisi itu diprakirakan melanda wilayah Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Sementara kondisi yang sama diprakirakan berlangsung di seluruh wilayah Sulawesi. Sedangkan untuk wilayah timur Indonesia terjadi di Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi di wilayah Lampung dan Kalimantan Selatan.

Sedangkan potensi angin kencang diprakirakan berlangsung di wilayah Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan sejumlah wilayah yang berpotensi diguyur hujan berskala lebat, sedang dan ringan adalah Mamuju, Denpasar, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Manokwari, Makassar, Kendari, Manado, Padang, Medan.

Sedangkan cuaca cerah dan berawan diprakirakan berada di Aceh, Serang, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, Pontianak, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Kupang dan Jayapura.

Situasi yang sama juga diprakirakan berlangsung di Kupang, Palembang dan Pekan Baru.

Situasi suhu di kota besar diperkirakan berada pada angka rata-rata 20 hingga 35 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan berkisar di angka 45 hingga 100 persen.