WCC Palembang ingatkan kaum perempuan selektif berteman di medsos

id Wcc palembang, medsos, pertemanan di medsos, perempuan hati hati berteman di medsos, cegah tindak kekerasan terhadap per

WCC Palembang ingatkan kaum perempuan selektif berteman di medsos

Direktur Eksekutif WCC Palembang, Yeni Roslaini Izi. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Aktivis pusat pembelaan hak-hak perempuan Women`s Crisis Centre (WCC) Palembang mengingatkan kaum perempuan agar selektif menjalin pertemanan, terutama dengan lawan jenis atau laki-laki, di media sosial (medsos).

"Perempuan perlu selektif berteman dengan laki-laki di medsos, karena jika sampai salah menjalin hubungan pertemanan, bisa menjadi korban tindak kekerasan dan pelecehan seksual," kata Direktur Eksekutif WCC Palembang Yeni Roslaini Izi di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa.

Menurut dia, cukup banyak perempuan menjadi korban penipuan, pelecehan seksual dan tindak kekerasan dari teman laki-laki yang dikenalnya melalui medsos.

Dalam beberapa bulan terakhir pihaknya menerima puluhan pengaduan perempuan yang menjadi korban laki-laki kenalan dari media sosial.

Perempuan pengguna medsos, kata dia, cukup banyak menjadi korban penipuan, tindak kekerasan, pelecehan seksual, bahkan pemerkosaan dari teman yang dijalin dari medsos. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan dengan jumlah korban yang lebih banyak.

Dengan imbauan itu dia berharap bisa meningkatkan kewaspadaan perempuan pengguna medsos, sehingga mereka tidak mudah percaya dengan kenalan yang dijalin melalui dunia maya itu.

"Laki-laki kenalan melalui medsos, menurut penjelasan korban yang melapor ke WCC, awalnya bersikap baik, ketika pertemanan dilanjutkan di dunia nyata sikapnya berubah menjadi orang yang jahat," ujar Yeni.