Kapolda Sumsel berikan pengarahan prokes kepada 1.686 orang marbot

id Pengqrahan marbot masjid, penerapan prokes di masjid, mantapkan standarisasi prokes di masjid, arahkan marbot intensif m

Kapolda Sumsel berikan pengarahan prokes kepada 1.686 orang marbot

Kapolda Irjen Pol.Eko Indra Heri memimpin rapat dengan agenda pengarahan kepada Kapolres, Kapolsek, dan marbot masjid. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Penerapan prokes seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak perlu menjadi perhatian untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19
Palembang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Irjen Pol.Eko Indra Heri S memberikan pengarahan kepada 1.686 marbot masjid mengenai protokol kesehatan  guna mengantisipasi penularan COVID-19 dalam pelaksanaan shalat Idul Adha 1442 Hijriyah di daerah zona aman pada 20 Juli 2021.

Pengarahan itu dilakukan Irjen Pol.Eko ketika memimpin rapat dengan agenda pengarahan kepada Kapolres, Kapolsek, hingga marbot masjid di 17 satuan wilayah secara virtual di Ruang Promoter Mapolda, Palembang, Senin.

Menurut dia, tujuan utama digelarnya rapat ini untuk memantapkan standardisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan masjid.

"Penerapan prokes seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak perlu menjadi perhatian untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 dalam pelaksanaan shalat Idul Adha 1442 H di tengah terjadinya lonjakan kasus positif terpapar virus Corona secara nasional," ujarnya.

Pengarahan tersebut sesuai dengan Inmendagri Nomor 20 Tahun 2021 sebagai implementasi program prioritas Kapolri Presisi di bidang operasional pada pemantapan dukungan Polri dalam penanganan COVID-19.

"Kami meminta marbot sebagai garda terdepan untuk membantu pemerintah mengingatkan masyarakat tetap mewaspadai COVID-19, karena kami sayang dengan masyarakat. Kegiatan ini sifarnya hanya mengingatkan saja sebagai sesama ummat Islam," ujar kapolda.

Berdasarkan pengamatan pihaknya, masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak ketika shalat berjamaah di masjid.

Dengan dukungan marbot mengingatkan masyarakat untuk menerapkan prokes secara ketat ketika memasuki lingkungan masjid diharapkan seluruh rangkaian ibadah shalat Idul Adha dan kegiatan penyembelihan hewan kurban tidak menjadi klaster penularan COVID-19, kata Irjen Pol.Eko.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021