PDAM Tirta Raja optimalkan distribusi air bersih pelanggan

id Optimalisasi distribusi air bersih, pelanggan PDAM, pengerukan tanah, debit sungai dangkal, PDAM Tirta Raja

PDAM Tirta Raja optimalkan distribusi air bersih pelanggan

Petugas PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU melakukan pengerukan tanah di sungai yang mulai dangkal, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengoptimalkan distribusi air bersih ke pipa pelanggan dengan mengeruk dasar sungai yang saat ini mulai dangkal.

Kepala Bagian Teknis PDAM Tirta Raja Ogan Komering Ulu (OKU) Asril di Baturaja, Senin, mengatakan optimalisasi dengan mengeruk dasar Sungai Ogan di wilayah UP Pasar Atas, Kecamatan Baturaja Timur agar daya hisap pipa intake air baku normal kembali.

"Pengerukan sungai ini guna menormalisasikan daya hisap pipa intake air baku karena debit Sungai Ogan mulai dangkal sejak beberapa pekan terakhir sehingga berdampak pada distribusi air bersih yang mengalir ke pelanggan kurang maksimal," katanya.

Dia menjelaskan, normalnya 70 liter air/detik, namun karena debit air sungai menurun, air baku yang mampu dihisap hanya 60 liter air/detik.

Pihaknya mengerahkan tujuh orang petugas terjun ke Sungai Ogan untuk mengeruk tanah sedalam satu meter agar debit air kembali normal.

Selain itu, petugas juga membersihkan timbunan bekas material dan sampah di sekitar mesin pompa agar tidak menganggu operasional pengolahan air bersih.

"Selama proses pengerukan pengolahan air bersih PDAM diupayakan tetap normal," kata dia.

Hanya saja, jika nantinya bakal membahayakan petugas, pengolahan dihentikan sementara sampai pengerukan selesai dilakukan oleh petugas di lapangan.

"Proses pengerukan ini hanya memakan waktu satu hari. Mudah-mudahan tidak ada kendala di lapangan sehingga air yang mengalir ke pipa pelanggan kembali lancar," ujar dia.