FKPT Sumsel libatkan tokoh agama cegah radikalisme

id Cegah faham radikalisme, aksi terorisme, cegah berkembangnya faham radikalisme di sumsel, fkpt sumsel cegah radikalisme

FKPT Sumsel libatkan  tokoh agama cegah radikalisme

Ketua FKPT Sumsel, Periansyah. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Pengurus Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Selatan melibatkan tokoh agama dalam mencegah berkembangnya faham radikalisme dan terorisme dalam kehidupan sosial bermasyarakat di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

"Melihat besarnya peran tokoh agama itu,  terus melakukan komunikasi untuk menyamakan persepsi mencegah berkembangnya faham radikalisme dan memerangi aksi terorisme," kata Ketua FKPT Sumsel, Periansyah di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, komunikasi mengenai faham radikal dan terorisme dilakukan secara rutin, sehingga bisa lebih banyak lagi tokoh agama yang bisa berpartisipasi membantu memerangi terorisme yang dapat mengakibatkan keresahan dalam masyarakat, menimbulkan korban jiwa dan harta benda orang-orang yang tidak berdosa.

Komunikasi dilakukan dengan tokoh lintas agama.baik tokoh agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu maupun Budha, katanya.

Menurut dia, tokoh agama diharapkan dapat memberi pesan dan penjelasan mengenai bahaya faham radikal terorisme kepada masyarakat dalam setiap acara keagamaan di rumah ibadah atau dalam suatu perkumpulan tertentu.

Pesan yang disampaikan tokoh agama biasanya cukup efektif karena mereka dijadikan panutan masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dengan pesan-pesan yang menyejukkan dan mampu membuka wawasan mengenai bahaya faham radikal terorisme, diharapkan setiap keluarga dapat mencegah masing-masing anggota keluarganya dari faham tersebut, ujar Periansyah