Dinas Kesehatan canangkan program Indonesia Sehat

id Program Indonesia Sehat, data masalah keluarga, pemeriksaan kesehatan gratis, langsung ke rumah warga, Dinas Kesehatan O

Dinas Kesehatan canangkan program Indonesia Sehat

Dinas Kesehatan OKU periksa kesehatan keluarga masyarakat Kabupaten OKU. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mencanangkan program Indonesia Sehat melalui pendekatan kepada anggota keluarga guna meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah itu.

"Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS/PK) ini merupakan gerakan yang dicanangkan pemerintah pusat pada 2016," kata Pejabat Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Edwin di Baturaja, Minggu.

Dia menjelaskan program ini menyasar seluruh masyarakat di Kabupaten OKU melalui pendekatan langsung guna mendata masalah setiap keluarga sekaligus memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis ke rumah-rumah warga.

Menurut dia, pada umumnya masalah Keluarga Berencana (KB), masih banyak yang belum dipahami oleh masyarakat di Kabupaten OKU.

Oleh sebab itu, untuk mewujudkan keluarga sehat dapat dimulai dari mengikuti program KB secara berkelanjutan guna membatasi jarak kelahiran anak.

"Pertumbuhan balita juga harus dipantau secara rutin setiap bulan di Posyandu atau fasilitas kesehatan lainnya," katanya.

Menurut Edwin, perilaku hidup bersih dan sehat menjadi faktor utama untuk menjaga keluarga dari penyebaran berbagai penyakit.

Oleh karena itu, melalui kegiatan tersebut Dinas Kesehatan OKU memberikan edukasi kepada masyarakat supaya berperilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyebaran penyakit menular maupun tidak menular.

Selain itu, juga menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dengan menggunakan jamban dan selalu memakai air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Agar masyarakat tetap sehat juga harus dipastikan tidak ada anggota keluarga yang merokok. Sebab, racun yang ada pada rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar