Dinas Kesehatan OKU imbau masyarakat waspada penyakit DBD

id Waspada penyakit DBD, demam berdarah dengue, rentan saat musim hujan, demam akut, 21 kasus DBD selama 2020, tidak ada pa,berita sumsel, berita palemba

Dinas Kesehatan OKU imbau masyarakat  waspada penyakit DBD

Ilustrasi - Waspada DBD (Antara/Ist)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengimbau masyarakat agar waspada terhadap penyebaran penyakit saat musim hujan, salah satunya demam berdarah dengue (DBD).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Selasa, mengatakan penyakit DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegepti ini rentan terjadi saat musim hujan.

Seekor nyamuk Aedes betina dapat terinfeksi virus dengue apabila sebelumnya mengisap darah manusia yang sedang mengalami viremia.

"Viremia adalah kondisi akibat adanya kadar virus tinggi dalam tubuh manusia," katanya.

Viremia ini, kata dia, dapat mulai terjadi sejak dua hari sebelum demam muncul sampai lima hari setelah akut dan hingga dapat menyebabkan meninggal dunia.

"Untuk menghindari penyakit ini masyarakat dapat menerapkan 3 M yaitu menguras dan menutup tempat penampungan air serta mengubur barang bekas," ujarnya.

Andi menambahkan, sepanjang tahun 2020 tercatat sebanyak 21 warga Kabupaten OKU yang terpaksa menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita penyakit DBD.

"Tahun kemarin ada 21 kasus DBD. Alhamdulillah tidak ada yang meninggal dunia, semua pasien sudah sembuh setelah menjalani perawatan," ujarnya.*