Pemkot Palembang kembali lirik pengembangan wisata Pulau Kemaro

id wisata,wisata palembang,pariwisata palembang,pulau kemaro,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, palembang hari ini

Pemkot Palembang kembali lirik pengembangan  wisata Pulau Kemaro

Sebuah "speedboat" melintas di depan pagoda yang berada di Pulau Kemaro. (ANTARA)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, kembali melirik pengembangan kawasan wisata Pulau Kemaro yang berada di delta Sungai Musi.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Rabu, mengatakan, dalam pengembangan ini pemkot akan mengadopsi konsep seperti kawasan wisata Ancol Jakarta.

“Kami sudah membentuk tim percepatan pembangunan Pulau Kemaro ini, yang langsung diketuai Sekretaris Daerah,” kaa Harnojoyo.

Pulau Kemaro sebenarnya sudah tidak asing bagi wisatawan, karena setiap tahun menjadi lokasi peziarah asal China untuk merayakan Cap Go Meh.

Kawasan seluas 25 Hektare ini akan dioptimalkan sehingga menjadi destinasi wisata unggulan Kota Palembang.

Pemkot Palembang berharap berbagai pihak terkait dapat terlibat dalam rencana ini, terutama kalangan BUMN yang memiliki alokasi dana CSR.

Kemudian yang tak kalah penting yakni dukungan dari kalangan swasta untuk menanamkan modal dalam bisnis pariwisata ini.

Pemkot Palembang juga akan ambil bagian dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

“Kami akan usulkan pembangunan jembatan, dan pembangunan jalan darat yang bersumber dari APBN dan APBD Sumsel,” kata dia.

Pemerintah Kota Palembang mengundang investor untuk menggarap destinasi wisata di Pulau Kemaro karena lokasinya yang berada di delta Sungai Musi memiliki keungulan untuk dijadikan lokasi wisata alam.

Sementara ini, sudah ada 10 bungalow di lokasi tersebut yang dibangun pemkot menggunakan dana APBD.