Akhir tahun 2020 ditandai gempa di Maumere dan Nias

id gempa,Gempa Maumere,Gempa Nias,Gempa akhir tahun,Gempa akhir tahun 2020,Akhir tahun Maumere dan Nias diguncang gempa

Akhir tahun 2020 ditandai gempa  di Maumere dan Nias

Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,2 terjadi di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, pada Kamis (31/12) pukul 17.49.03 WIB. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan telah terjadi dua gempa pada hari terakhir tahun 2020, Kamis (31/12, yakni gempa Maumere dan Nias.

Gempa Maumere terjadi pukul 17.18.54 WIB dan Gempa Nias terjadi kemudian, yakni 17.49.03 WIB atau selisih 31 menit.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Jakarta, Kamis, dua kejadian gempa tersebut sama-sama memiliki magnitudo 5,2.

Episenter gempa Nias terletak pada koordinat 0,32 Lintang Utara (LU) dan 97,64 Bujur Timur (BT) tepatnya di laut pada jarak 34 kilometer (km) arah Barat Daya Nias Selatan. Sementara episenter gempa Maumere terletak pada koordinat 8,97 Lintang Selatan dan 122,32 Bujur Timur tepatnya di laut pada jarak 40 km arah Selatan Maumere.

Dua gempa tersebut sama-sama dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia. Pada kasus Gempa Maumere, terjadi deformasi batuan di kedalaman menengah 116 km, sementara Gempa Nias dipicu deformasi batuan di kedalaman dangkal 23 km di zona megathrust.

Dua gempa itu sama-sama memiliki dampak dirasakan guncangannya dalam skala intensitas III MMI. gempa Maumere dirasakan di Maumere dan Ende II-III MMI dan Waingapu II MMI, sementara gempa Nias dirasakan di Teluk Dalam II- III MMI.

Hasil pemantauan BMKG menunjukkan bahwa gempa Maumere diikuti satu gempa susulan, sementara gempa Nias belum terjadi gempa susulan. Dua gempa itu tidak memiliki hubungan karena jaraknya yang cukup jauh dengan sumber gempa yang berbeda.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar