Korban puting beliung di OKU dibantu progam bedah rumah

id Korban puting beliung, rumah ambruk, masuk program bedah rumah, tim survei ke lapangan, PJs Bupati OKU, Dinas Perkim OKU

Korban puting beliung di OKU dibantu  progam bedah rumah

Rumah korban Ahmad Darpai, warga Desa Pusar, Kabupaten OKU ambruk diterjang puting beliung pada Sabtu (24/10). (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Rumah Ahmad Darpai (63) warga Desa Pusar Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan yang ambruk diterjang angin puting beliung beberapa waktu lalu akan mendapat bantuan dari pemerintah daerah setempat melalui Program Bedah Rumah 2021.

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) M Zaki Aslam di Baturaja Kamis meminta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) setempat untuk membantu korban puting beliung tersebut agar dapat memiliki rumah kembali.

"Rumah yang ambruk ini akan dimasukan dalam program bedah rumah pada 2021 mendatang," kata Bupati M Zaki Aslam.

Dia menegaskan agar pihak terkait tersebut segera menerjunkan tim survei ke lapangan guna memastikan kelayakan rumah untuk dimasukkan dalam program bedah rumah di tahun 2021.

"Kelayakannya harus segera disurvei oleh tim ke lapangan," tegas dia.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Amzar Kristofa sebelumnya mengatakan satu unit rumah milik warga Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten OKU rusak berat akibat diterjang angin puting beliung disertai hujan badai yang terjadi di wilayah setempat pada Sabtu (24/10).

"Kejadiannya sore hari sekitar pukul 15.00 WIB," katanya.

Menurut dia, meskipun tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kondisi rumah panggung berbahan kayu itu tidak bisa lagi dihuni karena rata dengan tanah.

"Rumah korban memang sudah lapuk dimakan usia sehingga rata dengan tanah akibat diterjang angin kencang yang terjadi kemarin," jelasnya.