David Maulana: Timnas U-19 siap hadapi Bulgaria

id timnas u19,shin taeyong,pssi,david maulana,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jemb

David Maulana: Timnas U-19 siap  hadapi Bulgaria

Pemain Tim Nasional Indonesia U-19 David Maulana (kiri) berselebrasi usai menjebol gawang Tim Nasional Hong Kong U-19 dalam laga babak kualifikasi Grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Indonesia U-19 menang dengan skor 4-0. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Gelandang tim nasional U-19 Indonesia David Maulana menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya siap menghadapi pertandingan pertama turnamen persahabatan internasional U-19 kontra Bulgaria di Kroasia, Sabtu (5/9).

"Kami sudah siap menjalani laga uji coba melawan Bulgaria. Hampir sepekan tim pelatih memberikan porsi latihan dengan intensitas tinggi kepada kami," ujar David, dikutip dari laman resmi Persija di Jakarta, Jumat.

Pesepak bola asal Deli Serdang, Sumatera Utara itu memastikan timnas U-19 akan memberikan perlawanan ketat meski Bulgaria memiliki kualitas tim yang baik.

Para pemain Bulgaria juga mempunyai postur tubuh yang lebih tinggi dari rata-rata pemain Indonesia.

"Bulgaria tim yang bagus. Kami sudah melihat video pertandingan mereka saat melawan Kroasia. Intinya, pada uji coba nanti kami dapat mencari pengalaman melawan Bulgaria. Kami sendiri terus mengalami perkembangan yang bagus," tutur David.

Timnas U-19 Indonesia berada di Kroasia sejak Minggu (30/8) untuk menjalani pemusatan latihan (TC) dan dijadwalkan berada di sana selama satu bulan.

Di sana, selain menjalani latihan yang dipimpin manajer pelatih Shin Tae-yong, timnas U-19 dijadwalkan mengikuti turnamen persahabatan internasional U-19 pada 5-11 September 2020.

Kompetisi itu diikuti oleh empat negara yaitu Indonesia, Kroasia, Bulgaria dan Arab Saudi.

Pertandingan pertama Indonesia di kompetisi tersebut adalah melawan Bulgaria pada Sabtu (5/9) malam WIB di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia.

Kemudian mereka menghadapi tuan rumah Kroasia pada Selasa (8/9) dan menjajal kekuatan Arab Saudi pada Jumat (11/9).

Di luar itu, ada pula pertandingan uji coba menghadapi beberapa kesebelasan seperti timnas U-19 Qatar, Bosnia dan Herzegovina serta tim muda Dinamo Zagreb.

TC itu digelar sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Namun, berdasarkan kabar terkini, ada kemungkinan turnamen tersebut ditunda oleh AFC karena pandemi COVID-19.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.