BTKLPP Palembang tes usap COVID-19 di lima kabupaten/kota

id Btkl pp palembang, laboratorium pcr sumsel, COVID-19 sumsel, kapasitas lab sumsel, corona susmel, dinkes sumsel, berita sumsel, berita palembang, anta

BTKLPP Palembang tes usap COVID-19 di lima kabupaten/kota

Arsip - Petugas kesehatan mengambil sampel salah satu peserta pada Swab Test COVID 19 gratis BNI berbagi di Jakabaring Sport City Palembang, Sumsel, Senin (8/5/2020). (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit Kelas I Palembang melakukan tes usap di lima zona kabupaten/kota untuk membantu meningkatkan kapasitas pemeriksaan sampel di Sumatera Selatan dalam menekan penyebaran COVID-19.

Kepala Seksi Survailance Epidemiologi BTKLPP Palembang, Heriyanto, Selasa, mengatakan pemeriksaan saat ini menyasar ke Kabupaten Banyuasin, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara dan Kota Lubuklinggau.

"BTKL PP posisinya suporting BBLK Palembang sebagai laboratorium swab utama," ujarnya melalui sambungan telepon.

Baca juga: Remaja di Tanjungpinang sembuh COVID-19 setelah 19 kali tes usap

Menurut dia, BTKL PP Palembang mulai menguji swab sejak awal Agustus dan telah menguji 400 sampel hingga saat ini, kapasitas pemeriksaannya sendiri mampu menguji 96 sampel per hari dengan waktu tunggu tiga hari sampai satu pekan.

Pemeriksaan swab tersebut mengandalkan mesin PCR real time milik BTKL PP Palembang, laboratorium tersebut memang baru dapat membantu pemeriksaan swab karena baru bisa memenuhi standar keamanan laboratorium uji swab (bio safety).

Selain itu BTKL PP tidak hanya menerima swab dari rumah sakit maupun dinas kesehatan dari lima zona itu, petugas juga melakukan jemput bola seiring proses pelacakan kontak kasus yang juga dilakukan oleh petugas BTKL sejak awal COVID-19 merebak di Sumsel.

Baca juga: IKA Unsri-BNI inisiasi tes swab 300 tenaga kesehatan Sumsel

Heri menyebut pemeriksaan swab di BTKL PP Palembang hanya untuk mandatori penanganan COVID-19.

"Kami tidak memeriksa swab untuk umum berbayar, hanya swab dari pelacakan kasus saja," jelas Heri.

Sementara Kasi Survilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri megatakan bahwa keberadaan BTKL PP Palembang menambah kapasitas uji swab di Sumsel, meskipun saat ini jumlah sampel yang masuk cenderung berkurang dari bulan-bulan sebelumnya.

"Karena pelacakan kontak kasus masih berlangsung maka keberadaan lab PCR masih dibutuhkan, alhamdulillah di Sumsel kapasitas delapan laboratorium PCR sudah mampu memeriksa ribuan sampel per hari," jelas Yusri.

Baca juga: Calon kepada daerah wajib tes swab di BBLK Palembang