Samsung masih teratas dalam pasar smartphone di tengah pukulan corona

id pasar smartphone,samsung

Samsung masih teratas dalam pasar smartphone di tengah pukulan corona

Persaingan pasar ponsel global yang didominasi tiga produsen yaitu Apple, Huawei, dan Samsung. (Antara)

Jakarta (ANTARA) - Di tengah gelombang pandemi corona (COVID-19) yang memukul pasar smartphone global turun 13 persen kuartal pertama 2020, Samsung masih tetap memimpin penjualan ponsel pintar walaupun pangsa pasarnya terkoreksi.

Pada kuartal pertama tahun ini, Samsung telah mengirimkan 59 juta unit smartphone ke seluruh dunia, di urutan pertama meski pangsa pasarnya turun dari 21 persen menjadi hanya 20 persen.

Sebagai perbandingan bahwa pada kuartal pertama 2019 mampu menjual 72 juta unit smartphone di pasar global.



Di urutan kedua, Huawei mencatatkan penjualan 49 juta smartphone pada Januari-Maret 2020, sekitar 10 juta unit lebih sedikit dari periode sama 2019 yang mencapai 59,1 juta unit, mengutip laporan perusahaan riset Counter Point, Selasa.

Selanjutnya di urutan ketiga dan keempat ada Apple dan Xiaomi yang masing-masing mengirimkan 40 juta dan 29,7 juta unit smartphone pada kuartal pertama tahun ini.

Seperti yang lainnya, penjualan Apple itu turun dari 42 juta unit pada kuartal sama 2019. Dan, hanya Xiaomi yang penjualannya naik dari hanya 27,8 juta tahun lalu.

Efek pandemi yang berkelanjutan di pasar ponsel cerdas kemungkinan akan lebih buruk di kuartal kedua, menurut Counter Point.

Pasar China sedang pulih, sementara banyak pasar utama lainnya sedang menjalani karantina wilayah karena pandemi. Tergantung pada tingkat keparahan pandemi, pemulihan di beberapa pasar ini juga bisa memakan waktu lebih lama.

Ke depan, merek dengan pangsa lebih besar di China, seperti Huawei, berada dalam posisi yang lebih baik daripada merek seperti Samsung, yang hampir semua pasar utamanya masih dalam karantina.

Pada Q1 2020, OEM dengan komponen dan pabrik di daerah yang paling terpukul di China terkena dampak paling besar, misalnya, Lenovo. Pada kuartal kedua, tren akan berbalik, karena manufaktur China pulih, tetapi banyak pusat manufaktur di negara lainnya ditutup.

Merek-merek dengan kehadiran online yang lebih tinggi cenderung tetap lebih kebal daripada yang offline. Beberapa permintaan offline dialihkan ke online.



Segmen entry level kemungkinan akan paling memukul, terutama di negara-negara berkembang, didorong oleh dampak pada pendapatan masyarakat di sektor tenaga kerja yang tidak terorganisir dan kecenderungan pembelian offline yang lebih tinggi.

Segmen tengah akan terus mendorong volume. Segmen premium paling tidak mungkin terkena dampak langsung dari krisis ekonomi. Karena, konsumen akan menyesuaikan diri dengan normal baru, penjualan di segmen tersebut cenderung meningkat.

Samsung memimpin pasar ponsel cerdas selama kuartal ini dengan menangkap seperlima dari pengiriman ponsel pintar global. OEM ini menghadapi penurunan 18 persen YoY selama kuartal ini dan diperkirakan akan melihat penurunan yang lebih curam di Q2 2020.

Huawei melanjutkan dorongannya di China dan melampaui Apple lagi selama kuartal tersebut. OEM ini menurun 17 persen YoY selama kuartal tersebut. Lebih dari setengah pengiriman smartphone untuk Huawei sekarang ada di China.

Apple tetap tangguh bahkan selama COVID-19 karena pengiriman iPhone menurun hanya 5 persen YoY selama kuartal tersebut. Pendapatan iPhone turun 7 persen YoY untuk periode yang sama. Dampaknya pada beberapa negara Eropa dan Asia adalah ringan.

Xiaomi tumbuh 7 persen YoY selama kuartal tersebut. OEM terus memimpin pasar ponsel pintar India mencapai pangsa pasar tertinggi (30%) sejak Q1 2018.

Dibandingkan dengan OEM besar lainnya, Vivo menurun lebih sedikit (10% YoY) selama kuartal tersebut. Kinerja yang kuat di Pasar Smartphone India sebagian mengimbangi penurunan di pasar lain.