Hilang di Google Play, Facebook siapkan pengganti Instagram Lite

id instagram lite,instagram,facebook,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Hilang di Google Play, Facebook siapkan pengganti Instagram Lite

Logo Instagram (blog.instagram.com) (/)

Jakarta (ANTARA) - Facebook Inc baru-baru ini menutup Instagram Lite, dan aplikasi versi ringan tersebut menghilang dari Google Play sejak pertengahan April lalu.

Temuan ini pertama kali dikemukakan oleh laman Android Police, bahwa Instagram Lite tidak ada di Google Play di tempat mereka beroperasi, antara lain di Filipina, Peru, Kenya dan Meksiko.

Pengguna Instagram Lite diarahkan ke aplikasi Instagram versi penuh melalui sebuah pesan yang menyatakan "Instagram Lite tidak lagi didukung".

Laman TechCrunch mengonfirmasi hal ini kepada Facebook, perusahaan menyatakan mereka memang menarik aplikasi tersebut.

"Kami menarik aplikasi Instagram Lite. Anda bisa mulai menggunakan Instagram versi terbaru untuk terhubung dengan orang-orang dan hal-hal yang Anda sukai," kata Facebook.

Instagram Lite hadir dengan kapasitas yang ringan, hanya sekitar 573 KB, muncul sejak 2018 lalu menargetkan negara-negara berkembang, namun, aplikasi tersebut tidak tersedia di Indonesia.

Aplikasi tersebut hanya memiliki beberapa fungsi utama dibandingkan versi reguler, antara lain mengunggah foto, Stories dan membuka laman Explore, tidak bisa digunakan untuk mengunggah video atau memberi pesan pribadi DM.

Pengguna terbesar Instagram Lite berada di Meksiko, menurut data Sensor Tower yang dikutip TechCrunch, aplikasi tersebut diunduh 4,4 juta kali, senilai 62 persen dari total pengguna di seluruh negara Instagram Lite berada.

Pasar kedua terbesar berada di Filipina sebanyak 14 persen, diikuti Kenya 12,5 persen dan Peru 12 persen.

Facebook akan kembali mengembangkan Instagram Lite versi terbaru setelah mempelajari penggunaan aplikasi tersebut, namun, belum diketahui kapan aplikasi tersebut akan tersedia.