Satu pasien positif COVID-19 di Palembang dinyatakan sembuh

id Positif corona sumsel sembuh, positif COVID-19 sembuh, virus corona, gugus tugas sumsel,Kasus 012 sumsel, pie rsmh palem

Satu pasien positif COVID-19 di Palembang dinyatakan sembuh

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 sekaligus Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH Palembang, dr Zen Ahmad (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Satu kasus positif COVID-19 di Sumatera Selatan dinyatakan sembuh berdasarkan dua kali uji swab di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 sekaligus Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RS Muhammad Hoesin Palembang, dr Zen Ahmad di Palembang, Sabtu, mengatakan pasien yang dinyatakan sembuh merupakan kasus 012 (perempuan) asal Kota Palembang berusia 52 tahun.

"Kasus 012 sebetulnya baru diumumkan kemarin, namun datanya memang terlambat masuk dan pasien sudah lebih dulu diterapi serta uji swab dua kali dengan hasil negatif," ujar dr. Zen di Palembang

Menurut dia Sumsel masih memiliki sembilan kasus positif yang tengah mendapat perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang dengan kondisi baik dan hingga 4 April 2020 belum ada kasus baru.

Sebelumnya kasus 012 diketahui masih anggota keluarga kasus 01 yang telah meninggal dunia bersama kasus 02, pulihnya kasus 012 itu sendiri merupakan kesembuhan pertama di Sumsel.

"Kami tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dengan pola makan dan tidur cukup serta menghindari kerumunan demi memutus rantai penyebaran COVID-19," tambah dr. Zen.

Sementara dari sembilan kasus positif yang masih diisolasi, tiga kasus di antaranya baru masuk ke RSMH pada hari ini lantaran ketiganya kurang kooperatif selama isolasi mandiri di Kota Prabumulih.

Ketiganya (kasus 09,10 dan 011) diketahui tidak mengalami gejala namun wajib mengisolasi diri, kendati demikian ketiganya diketahui nekat keluar rumah dan mengunjungi beberapa lokasi di Kota Prabumulih dan membuat masyarakat setempat khawatir sehingga terpaksa di bawa ke Palembang.

Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumsel hingga 4 April 2020 mencatat masih ada 1.053 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 18 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Selain itu, dari 86 spesimen yang diperiksa BBLK Palembang, 44 sampel diantaranya negatif COVID-19, 12 positif dan 42 masih dalam pemeriksaan.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar