Mahasiswa di Medan panen bawang merah

id polbangtan medan,bawang merah

Mahasiswa di Medan panen bawang merah

Mahasiswa Polbangtan Medan memanen bawang merah di lahan praktik di Polbangtan Medan. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan panen bawang merah di lahan praktik seluas 100 meter persegi dari total luas lahan tanam bawang 1200 meter persegi.

"Bawang merah yang di panen ini salah satu hasil dari kegiatan gerakan mahasiswa cinta pertanian (GMCP). Dari lahan 100 meter persegi menghasilkan panen 60 kg bawang," kata Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, Jumat.

Ia mengatakan GMCP merupakan kegiatan yang mengembangkan diri mahasiswa dalam menghasilkan produk pertanian dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur dengan produksi berdaya saing.

"Selain itu sebagai salah satu cara mengembangkan kemampuan mahasiswa utamanya jurusan Penyuluh Pertanian Berkelanjutan berwirausaha dan menjadi pertani milenial kelak," sebutnya.

Dari hasil panen, bawang merah tersebut dipasarkan dengan harga Rp35 ribu per kg yang hasilnya untuk memenuhi kebutuhan pegawai Polbangtan Medan.

Menurut Yuliana, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan juga meminta agar produksi pertanian tetap berjalan bahkan digenjot hingga berlipat-lipat.

Meski dengan adanya musibah wabah virus Covid-19 tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti.

"Karenanya, saya juga berharap tanaman bawang merah ini dapat digenjot berlipat-lipat. Hasil panennya juga dapat membantu memenuhi kebutuhan beberapa komoditas memasuki hari besar keagamaan yakni Ramadhan dan Lebaran," katanya.